Evaluasi Aplikasi Gapura UB dengan Pendekatan Human Centered Design: Studi Kasus Peningkatan User Experience dan Usability
Kata Kunci:
Gapura UB, Evaluasi, Human Centered Design, System Usability ScaleAbstrak
Aplikasi Gapura Mobile merupakan sistem informasi layanan terpadu yang dirancang untuk memberikan kemudahan akses ke informasi dan layanan bagi seluruh pengguna Sistem Informasi Universitas Brawijaya (UB) melalui perangkat bergerak seperti smartphone dan tablet. Aplikasi ini menyediakan layanan untuk berbagai pengguna seperti mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, atau bahkan masyarakat umum yang mencakup tentang informasi umum mengenai Universitas Brawijaya seperti berita, info klinik, dan berbagai informasi lainnya. Maupun layanan yang membantu perkuliahan untuk mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik seperti seperti presensi, jadwal perkuliahan, dan lain sebagainya. Namun, seperti banyak aplikasi digital lainnya, Gapura Mobile mungkin menghadapi tantangan dalam hal usability dan user experience. Dan oleh sebab itu, dilakukan evaluasi dengan menggunakan metode human centered design dan mengukur tiga kriteria, yakni Efficiency yang dihitung dengan menggunakan time based efficiency, Error, dan Satisfacion dengan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Evaluasi dilakukan dengan cara melakukan sebuah pengujian usability dengan menggunakan skenario tugas dan memberikan kuesioner SUS kepada 20 responden yang telah dilakukan sebanyak tiga kali, yakni pengujian pada sistem yang ada saat ini, desain solusi iterasi pertama, dan iterasi kedua setelah merubah desain solusi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dari hasil evaluasi yang sudah dilakukan, didapatkan nilai untuk efficiency sebesar 0,133 goals/sec, nilai kriteria error sebanyak 0% dan nilai kriteria satisfaction sebesar 73,375.
Kata kunci: Gapura UB, Evaluasi, Human Centered Design, System Usability Scale
Referensi
Fatah, D. A. (2020). Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD). Rekayasa, 13(2). Tersedia di <https://journal.trunojoyo.ac.id/ rekayasa/article/view/6584> [Diakses 08 Maret 2024]
Arifin, I. N., Tolle, H., & Rokhmawati, R. I. (2019). Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 1725– 1732. Tersedia di [Diakses 08 Maret 2024]
Universitas Brawijaya, 2023. GAPURA Mobile (Versi 1.0.0) - Aplikasi di Google Play.[online] Tersedia di: <https://play.google.com/store/ apps/details?id=id.ac.ub.gapura_ mobile&pl i=1> [Diakses 15 Maret 2024]
Law, E. L. C., Roto, V., Hassenzahl, M., Vermeeren, A. P., & Kort, J. (2009). Understanding, scoping and defining user experience: a survey approach. In Proceedings of the SIGCHI conference on human factors in computing systems (pp. 719-728). Tersedia di:<https://www.academia.edu/ 2435444/Understanding_scoping _and_defining_user_experience_ a_survey_approach> [Diakses 15 Mei 2024]
ISO 9241-210:2019. (2019). Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human- centred design for interactive systems. International Organization for Standardization. [Diakses 20 Maret 2024]
Hassenzahl, M., (2008). User experience (UX) towards an experiential perspective on product quality. In Proceedings of the 20th Conference on l'Interaction Homme-Machine (pp. 11-15). Tersedia di:<https://dl.acm.org/doi/abs/1 0.1145/1512714.1512717> [Diakses 20 Maret 2024]
Nielsen, J. (1995). Usability Engineering. Academic Press. [Diakses 20 maret 2024]
Nielsen, J. (2001). Nielsen Norman Group, Success Rate: The Simplest Usability Metric. Tersedia di: <https://www.nngroup.com/arti cles/success-rate-the- simplestusability-metric/> [diakses 20 Maret 2024]
Firda, I. D. L. (2016). Developing a prototype of interactive e-book as extensive reading material for the eighth graders in SMP Negeri 6 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). Tersedia di: <https://repository.um.ac.id/1030 4/>[Diakses 20 Maret 2024]
Henim, S. R., Putri, R. A., & Sari, R. P. (2019). Analisis Usability Existing Product dan Development Product Menggunakan PendekatanUser Centered Design pada E- Commerce. Sains dan Teknologi Informasi, 4(2), 93-99. Tersedia di<https://www.researchgate.net/ profile/Silvana-Henim- 2/publication/330558848_Analisi s_Usability_Existing_Product_da n_Development_Product_Mengg unakan_PendekatanUser_Centere d_Design_pada_E- Commerce/links/63a0def940358f 78eb0190da/Analisis-Usability- Existing-Product-dan- Development-Product- MenggunakanPendekatanUser- Centered-Design-pada-E- Commerce.pdf> [Diakses 08 Maret 2024]
Fatah, D. A. (2020). Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD). Rekayasa, 13(2). Tersedia di <https://journal.trunojoyo.ac.id/ rekayasa/article/view/6584> [Diakses 08 Maret 2024]
Arifin, I. N., Tolle, H., & Rokhmawati, R. I. (2019). Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 1725– 1732. Tersedia di [Diakses 08 Maret 2024]
Universitas Brawijaya, 2023. GAPURA Mobile (Versi 1.0.0) - Aplikasi di Google Play.[online] Tersedia di: <https://play.google.com/store/ apps/details?id=id.ac.ub.gapura_ mobile&pl i=1> [Diakses 15 Maret 2024]
Law, E. L. C., Roto, V., Hassenzahl, M., Vermeeren, A. P., & Kort, J. (2009). Understanding, scoping and defining user experience: a survey approach. In Proceedings of the SIGCHI conference on human factors in computing systems (pp. 719-728). Tersedia di:<https://www.academia.edu/ 2435444/Understanding_scoping _and_defining_user_experience_ a_survey_approach> [Diakses 15 Mei 2024]
ISO 9241-210:2019. (2019). Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human- centred design for interactive systems. International Organization for Standardization. [Diakses 20 Maret 2024]
Hassenzahl, M., (2008). User experience (UX) towards an experiential perspective on product quality. In Proceedings of the 20th Conference on l'Interaction Homme-Machine (pp. 11-15). Tersedia di:<https://dl.acm.org/doi/abs/1 0.1145/1512714.1512717> [Diakses 20 Maret 2024]
Nielsen, J. (1995). Usability Engineering. Academic Press. [Diakses 20 maret 2024]
Nielsen, J. (2001). Nielsen Norman Group, Success Rate: The Simplest Usability Metric. Tersedia di: <https://www.nngroup.com/arti cles/success-rate-the- simplestusability-metric/> [diakses 20 Maret 2024]
Firda, I. D. L. (2016). Developing a prototype of interactive e-book as extensive reading material for the eighth graders in SMP Negeri 6 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). Tersedia di: <https://repository.um.ac.id/1030 4/>[Diakses 20 Maret 2024]
Henim, S. R., Putri, R. A., & Sari, R. P. (2019). Analisis Usability Existing Product dan Development Product Menggunakan PendekatanUser Centered Design pada E- Commerce. Sains dan Teknologi Informasi, 4(2), 93-99. Tersedia di<https://www.researchgate.net/ profile/Silvana-Henim- 2/publication/330558848_Analisi s_Usability_Existing_Product_da n_Development_Product_Mengg unakan_PendekatanUser_Centere d_Design_pada_E- Commerce/links/63a0def940358f 78eb0190da/Analisis-Usability- Existing-Product-dan- Development-Product- MenggunakanPendekatanUser- Centered-Design-pada-E- Commerce.pdf> [Diakses 08 Maret 2024]
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.