Analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, And Threats Layanan Bakso Kota Cak Man Berdasarkan Hasil Pengelompokkan Ulasan Pelanggan
Kata Kunci:
IndoBERT, DINESERV, SMOTE, analisis SWOT, InSet lexicon, confusion matrixAbstrak
Bakso Kota Cak Man, sebagai salah satu kuliner legendaris di Kota Malang, menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas layanan. Meskipun rata-rata ulasan yang didapatkan pada google maps sudah cukup tinggi yaitu sebesar 4.4 dari 5, tetapi perlu diidentifikasi aspek yang mendasari skor tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisis ulasan pelanggan Bakso Kota Cak Man yang terdapat pada google maps menggunakan metode analisis sentimen berbasis aspek yang memanfaatkan model IndoBERT. Sebelumnya dilakukan pelabelan awal sentimen menggunakan InSet Lexicon. Sedangkan klasifikasi aspek dalam penelitian ini dikelompokkan menggunakan pendekatan DINESERV yang fokus pada dimensi kualitas layanan. Untuk memudahkan analisis SWOT, penelitian ini menyusun kamus kategori internal dan eksternal. Kedua kamus tersebut akan dievaluasi secara manual dengan melibatkan domain expert. Hasil evaluasi kamus aspek menunjukkan akurasi sebesar 76%, sedangkan kamus kategori menunjukkan akurasi sebesar 86%. Hasil ini membuktikkan bahwa kamus yang dibuat sudah cukup valid untuk digunakan klasifikasi data. Untuk pelatihan model IndoBERT dilakukan dua kali percobaan pada masing-masing hyperparameter, yaitu pelatihan dengan menggunakan resampling (SMOTE) dan tanpa resampling. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model tanpa resampling memberikan performa yang lebih baik, dengan nilai F1-Score 90,65%, akurasi 93,09%, precision 91,30%, dan recall 90,00%. Hasil klasifikasi kemudian digunakan untuk mengidentifikasi SWOT dengan tujuan memudahkan penyusunan strategi peningkatan layanan.
Referensi
Campos, R., Mangaravite, V., Pasquali, A., Jorge, A., Nunes, C. and Jatowt, A. (2020). YAKE! Keyword extraction from single documents using multiple local features. Information Sciences, [online] 509, pp.257–289. doi:https://doi.org/10.1016/j.ins.2019.09.013.
Grunert, K.G. (2005). Food quality and safety: consumer perception and demand. European Review of Agricultural Economics, [online] 32(3), pp.369–391. doi:https://doi.org/10.1093/eurrag/jbi011.
Indonesia, B.P.S. (n.d.). Statistik Penyedia Makan Minum 2022. [online] www.bps.go.id. Available at: https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/22/1f688af1ba26ff02e07679ac/statistik-penyedia-makan-minum-2022.html.
Kim, K.-B., Kang, S.-Y. and Park, S.-H. (2014) Perceiving the Atmosphere of Asian Restaurants: European Customers vs. Asian Customer, International Journal of Tourism Sciences, 14(2), pp. 111–125. doi: 10.1080/15980634.2014.11434693.
Kim, W.G., Ng, C.Y.N. and Kim, Y. (2009). Influence of institutional DINESERV on customer satisfaction, return intention, and word-of-mouth. International Journal of Hospitality Management, [online] 28(1), pp.10–17. doi:https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2008.03.005.
Koto, F. and Rahmaningtyas, G.Y. (2017). Inset lexicon: Evaluation of a word list for Indonesian sentiment analysis in microblogs. 2017 International Conference on Asian Language Processing (IALP). doi:https://doi.org/10.1109/ialp.2017.8300625.
Matindas, E., 2018. PENGARUH DIMENSI LAYANAN FASILITAS MAKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen dan Bisnis, 1(1), pp.15-26. [online] Available at: https://jurnal.unai.edu/index.php/jtimb/article/view/703 [Accessed 24 Nov. 2024].
Ryu, K., Han, H. and Kim, T.-H. (2008). The relationships among overall quick-casual restaurant image, perceived value, customer satisfaction, and behavioral intentions. International Journal of Hospitality Management, 27(3), pp.459–469. doi:https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2007.11.001.
Stevens, P., Knutson, B. and Patton, M. (1995). Dineserv: A Tool for Measuring Service Quality in Restaurants. Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, 36(2), pp.56–60. doi:https://doi.org/10.1177/001088049503600226.
Campos, R., Mangaravite, V., Pasquali, A., Jorge, A., Nunes, C. and Jatowt, A. (2020). YAKE! Keyword extraction from single documents using multiple local features. Information Sciences, [online] 509, pp.257–289. doi:https://doi.org/10.1016/j.ins.2019.09.013.
Grunert, K.G. (2005). Food quality and safety: consumer perception and demand. European Review of Agricultural Economics, [online] 32(3), pp.369–391. doi:https://doi.org/10.1093/eurrag/jbi011.
Indonesia, B.P.S. (n.d.). Statistik Penyedia Makan Minum 2022. [online] www.bps.go.id. Available at: https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/22/1f688af1ba26ff02e07679ac/statistik-penyedia-makan-minum-2022.html.
Kim, K.-B., Kang, S.-Y. and Park, S.-H. (2014) Perceiving the Atmosphere of Asian Restaurants: European Customers vs. Asian Customer, International Journal of Tourism Sciences, 14(2), pp. 111–125. doi: 10.1080/15980634.2014.11434693.
Kim, W.G., Ng, C.Y.N. and Kim, Y. (2009). Influence of institutional DINESERV on customer satisfaction, return intention, and word-of-mouth. International Journal of Hospitality Management, [online] 28(1), pp.10–17. doi:https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2008.03.005.
Koto, F. and Rahmaningtyas, G.Y. (2017). Inset lexicon: Evaluation of a word list for Indonesian sentiment analysis in microblogs. 2017 International Conference on Asian Language Processing (IALP). doi:https://doi.org/10.1109/ialp.2017.8300625.
Matindas, E., 2018. PENGARUH DIMENSI LAYANAN FASILITAS MAKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen dan Bisnis, 1(1), pp.15-26. [online] Available at: https://jurnal.unai.edu/index.php/jtimb/article/view/703 [Accessed 24 Nov. 2024].
Ryu, K., Han, H. and Kim, T.-H. (2008). The relationships among overall quick-casual restaurant image, perceived value, customer satisfaction, and behavioral intentions. International Journal of Hospitality Management, 27(3), pp.459–469. doi:https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2007.11.001.
Stevens, P., Knutson, B. and Patton, M. (1995). Dineserv: A Tool for Measuring Service Quality in Restaurants. Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly, 36(2), pp.56–60. doi:https://doi.org/10.1177/001088049503600226.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.