Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis dan Hasil Belajar Siswa SMK Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar
Kata Kunci:
Sekolah Menengah Kejuruan, Pemrograman Dasar, Analisis Korelasi, Kecerdasan Logis Matematis, Hasil BelajarAbstrak
Terdapat indikator dari dalam diri siswa dan lingkungan yang mempengaruhi luaran belajar, seperti kecerdasan logis matematis. Beberapa penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara kecerdasan logika matematis dan luaran belajar pada mata pelajaran konseptual seperti matematika, fisika, dan kimia. Kajian ini bertujuan membuka wawasan terkait adanya korelasi pada kecerdasan logis matematis dan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bidang Pemrograman Dasar. Penelitian ini dirancang menggunakan desain penelitian kuantitatif dan analisis statistika deskriptif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas X dari SMK 3 Kota Malang, SMK 4 Kota Malang, dan SMK 5 Kota Malang, dengan total sebanyak 268 siswa. Sampel diperoleh melalui teknik sampel kriteria dan perhitungan menggunakan rumus Slovin untuk memperoleh jumlah minimal sampel. Pada Penelitian ini diperoleh sampel sebesar 81 siswa dari total populasi yang ada. Data yang digunakan dikumpulkan dari dokumentasi guru dan pengujian tes. Hipotesis dikaji menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai koefisien korelasi (r) = 0,351 > rtabel = 0,1818 dan nilai signifikan sebesar 0,001. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H1 pada penelitian ini diterima. Hasil menunjukkan adanya korelasi yang signifikan pada kecerdasan logis matematis dan hasil belajar siswa kelas X SMK pada bidang studi Pemrograman Dasar.
Kata kunci: Sekolah Menengah Kejuruan, Kecerdasan Logis Matematis, Hasil Belajar, Pemrograman Dasar, Analisis Hubungan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.