Perancangan User Experience Aplikasi Manajemen Pendaftaran Pasien Berbasis Mobile Pada Rumah Sakit Bersalin Restu Ibu Padang Menggunakan Metode Design Thinking

Perancangan User Experience Aplikasi Manajemen Pendaftaran Pasien Berbasis Mobile Pada Rumah Sakit Bersalin Restu Ibu Padang Menggunakan Metode Design Thinking

Penulis

  • Naufal Dzaky Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Universitas Brawijaya
  • Dwi Cahya Astriya Nugraha Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

user experience, usability, kepuasan pengguna, efektifitas, efesiensi, satisfaction, design thinking, aplikasi mobile, pendaftaran

Abstrak

Rumah Sakit Ibu & Anak Restu Ibu Padang merupakan rumah sakit yang memiliki banyak pasien khususnya di kota Padang dan menjadi objek pada penelitian ini .Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang User experience aplikasi manajemen pendaftaran pasien berbasis mobile pada Rumah Sakit Bersalin Restu Ibu Padang. Penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dalam melakukan proses pendaftaran, pemesanan ruang inap, serta proses lainnya yang dijalani oleh pasien umum. Oleh karena itu penting untuk mengembangkan solusi yang tepat bagi kepuasan pengguna.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design thinking yang meliputi lima tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan test. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan diujikan kepada calon pengguna dan dilakukan proses analisis yang menghasilkan beberapa fitur yang dikembangkan. Hasil desain solusi berdasarkan kebutuhan pengguna dibuat dan diujikan dengan capaian hasil yang didapatkan sangat baik dari aspek usability yang menjadi parameter hasil pengujian. Pengujian usability  yang dilakukan mendapatkan hasil untuk aspek efektifitas senilai 97,2%, aspek efesiensi senilai 88,2% lalu untuk aspek satisfaction dengan nilai 90.  Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan metode Design thinking dalam pengembangan aplikasi Rumah Sakit Restu Ibu Padang dapat meningkatkan efektifitas, efesiensi, serta kepuasan pengalaman pengguna.

Kata kunci: user experience, usability, kepuasan pengguna, efektifitas, efesiensi, satisfaction, design thinking, aplikasi mobile, pendaftaran

Referensi

Foundation, I. D. (2015). User experience and the First Encounter wit. J., Darongke, I. B., Salim, Y. D. A., . I., Bahana, R., & Manuaba, I. B. K. (2020). Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Hospital Mobile Berbasis Android. Jurnal Elektro, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.25170/jurnalelektro.v13i1.1819

Alfarabi, S., & Muhammad, M. (2024). Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Berbasis Mobile TravelTrails Menggunakan Metode Design thinking. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.31294/reputasi.v5i1.3439

Bahri, A. F. (2022). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RESERVASI RESTORAN DAN PENYEWAAN RUANGAN BERBASIS MOBILE (Studi Kasus: Begadang Resto). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(4), 28–33. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/959%0Ahttps://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/viewFile/959/712

Foundation, I. D. (2024). What is Design thinking and Why Is It So Popular? https://www.interaction-design.org/literature/article/what-is-design-thinking-and-why-is-it-so-popular

Kristanti, Y. E. (2021). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/MPHJ/article/view/8760

Nielsen, J. (1995). 10 Usability Heuristics for User Interface Design. https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/

Oktavia, S. N., & Prayoga, D. (2023). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak : Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 2199–2205. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16876

Pradana, A. R., & Idris, M. (2021). Implentasi User Experince Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design thinking (Studi Kasus: Amikom Center). Prosiding Automata, 2(2), 1–8.

Ratna Nur Fadilah, D. S. (2023). Perancangan design prototype ui/ux aplikasi reservasi restoran dengan menggunakan metode design thinking. 2(2), 132–146.

Rivydho Assidiq, M., Arianti, & Bahri, S. (2022). Analisis Usability Fitur Rating Pada Aplikasi Ladder Menggunakan Metode System Usability Scale. Jtriste, 9(2), 12–21. https://doi.org/10.55645/jtriste.v9i2.374

Yudarmawan, R. A., Kompiang, A. A. K. O., & Arsa, D. M. S. (2020). Perancangan User Interface dan User experience SIMRS pada Bagian Layanan. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 1(2), 222–233. https://www.neliti.com/id/publications/351388/

Isadora, F. R., Hanggara, B. T., & Mursityo, Y. T. (2021). Perancangan User experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design thinking. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5), 1057–1066. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021844550

Unduhan

Diterbitkan

17 Jan 2025

Cara Mengutip

Dzaky, N., Tolle, H., & Astriya Nugraha, D. C. (2025). Perancangan User Experience Aplikasi Manajemen Pendaftaran Pasien Berbasis Mobile Pada Rumah Sakit Bersalin Restu Ibu Padang Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14681

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...