Perancangan User Experience Aplikasi Manajemen Pendaftaran Pasien Berbasis Mobile Pada Rumah Sakit Bersalin Restu Ibu Padang Menggunakan Metode Design Thinking
Kata Kunci:
user experience, usability, kepuasan pengguna, efektifitas, efesiensi, satisfaction, design thinking, aplikasi mobile, pendaftaranAbstrak
Rumah Sakit Ibu & Anak Restu Ibu Padang merupakan rumah sakit yang memiliki banyak pasien khususnya di kota Padang dan menjadi objek pada penelitian ini .Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang User experience aplikasi manajemen pendaftaran pasien berbasis mobile pada Rumah Sakit Bersalin Restu Ibu Padang. Penelitian ini didasari oleh kebutuhan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dalam melakukan proses pendaftaran, pemesanan ruang inap, serta proses lainnya yang dijalani oleh pasien umum. Oleh karena itu penting untuk mengembangkan solusi yang tepat bagi kepuasan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design thinking yang meliputi lima tahapan yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan test. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan diujikan kepada calon pengguna dan dilakukan proses analisis yang menghasilkan beberapa fitur yang dikembangkan. Hasil desain solusi berdasarkan kebutuhan pengguna dibuat dan diujikan dengan capaian hasil yang didapatkan sangat baik dari aspek usability yang menjadi parameter hasil pengujian. Pengujian usability yang dilakukan mendapatkan hasil untuk aspek efektifitas senilai 97,2%, aspek efesiensi senilai 88,2% lalu untuk aspek satisfaction dengan nilai 90. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan metode Design thinking dalam pengembangan aplikasi Rumah Sakit Restu Ibu Padang dapat meningkatkan efektifitas, efesiensi, serta kepuasan pengalaman pengguna.
Kata kunci: user experience, usability, kepuasan pengguna, efektifitas, efesiensi, satisfaction, design thinking, aplikasi mobile, pendaftaran
Referensi
Foundation, I. D. (2015). User experience and the First Encounter wit. J., Darongke, I. B., Salim, Y. D. A., . I., Bahana, R., & Manuaba, I. B. K. (2020). Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Hospital Mobile Berbasis Android. Jurnal Elektro, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.25170/jurnalelektro.v13i1.1819
Alfarabi, S., & Muhammad, M. (2024). Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Berbasis Mobile TravelTrails Menggunakan Metode Design thinking. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.31294/reputasi.v5i1.3439
Bahri, A. F. (2022). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RESERVASI RESTORAN DAN PENYEWAAN RUANGAN BERBASIS MOBILE (Studi Kasus: Begadang Resto). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(4), 28–33. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/959%0Ahttps://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/viewFile/959/712
Foundation, I. D. (2024). What is Design thinking and Why Is It So Popular? https://www.interaction-design.org/literature/article/what-is-design-thinking-and-why-is-it-so-popular
Kristanti, Y. E. (2021). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/MPHJ/article/view/8760
Nielsen, J. (1995). 10 Usability Heuristics for User Interface Design. https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
Oktavia, S. N., & Prayoga, D. (2023). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak : Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 2199–2205. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16876
Pradana, A. R., & Idris, M. (2021). Implentasi User Experince Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design thinking (Studi Kasus: Amikom Center). Prosiding Automata, 2(2), 1–8.
Ratna Nur Fadilah, D. S. (2023). Perancangan design prototype ui/ux aplikasi reservasi restoran dengan menggunakan metode design thinking. 2(2), 132–146.
Rivydho Assidiq, M., Arianti, & Bahri, S. (2022). Analisis Usability Fitur Rating Pada Aplikasi Ladder Menggunakan Metode System Usability Scale. Jtriste, 9(2), 12–21. https://doi.org/10.55645/jtriste.v9i2.374
Yudarmawan, R. A., Kompiang, A. A. K. O., & Arsa, D. M. S. (2020). Perancangan User Interface dan User experience SIMRS pada Bagian Layanan. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 1(2), 222–233. https://www.neliti.com/id/publications/351388/
Isadora, F. R., Hanggara, B. T., & Mursityo, Y. T. (2021). Perancangan User experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design thinking. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5), 1057–1066. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021844550
Foundation, I. D. (2015). User experience and the First Encounter wit. J., Darongke, I. B., Salim, Y. D. A., . I., Bahana, R., & Manuaba, I. B. K. (2020). Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Hospital Mobile Berbasis Android. Jurnal Elektro, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.25170/jurnalelektro.v13i1.1819
Alfarabi, S., & Muhammad, M. (2024). Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Berbasis Mobile TravelTrails Menggunakan Metode Design thinking. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.31294/reputasi.v5i1.3439
Bahri, A. F. (2022). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RESERVASI RESTORAN DAN PENYEWAAN RUANGAN BERBASIS MOBILE (Studi Kasus: Begadang Resto). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(4), 28–33. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/959%0Ahttps://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/viewFile/959/712
Foundation, I. D. (2024). What is Design thinking and Why Is It So Popular? https://www.interaction-design.org/literature/article/what-is-design-thinking-and-why-is-it-so-popular
Kristanti, Y. E. (2021). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/MPHJ/article/view/8760
Nielsen, J. (1995). 10 Usability Heuristics for User Interface Design. https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
Oktavia, S. N., & Prayoga, D. (2023). Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pada Rumah Sakit Ibu Dan Anak : Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 2199–2205. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i3.16876
Pradana, A. R., & Idris, M. (2021). Implentasi User Experince Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design thinking (Studi Kasus: Amikom Center). Prosiding Automata, 2(2), 1–8.
Ratna Nur Fadilah, D. S. (2023). Perancangan design prototype ui/ux aplikasi reservasi restoran dengan menggunakan metode design thinking. 2(2), 132–146.
Rivydho Assidiq, M., Arianti, & Bahri, S. (2022). Analisis Usability Fitur Rating Pada Aplikasi Ladder Menggunakan Metode System Usability Scale. Jtriste, 9(2), 12–21. https://doi.org/10.55645/jtriste.v9i2.374
Yudarmawan, R. A., Kompiang, A. A. K. O., & Arsa, D. M. S. (2020). Perancangan User Interface dan User experience SIMRS pada Bagian Layanan. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 1(2), 222–233. https://www.neliti.com/id/publications/351388/
Isadora, F. R., Hanggara, B. T., & Mursityo, Y. T. (2021). Perancangan User experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design thinking. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(5), 1057–1066. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021844550
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.