Evaluasi Usability Aplikasi Soulmath dengan Menggunakan Metode Usability Testing

Evaluasi Usability Aplikasi Soulmath dengan Menggunakan Metode Usability Testing

Penulis

  • Yakhya Nahnul Saputro -
  • ha Muslimah Az-Zahra Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

usability testing, anak berkebutuhan khusus, tunagrahita, aplikasi pembelajaran, SoulMath

Abstrak

Perkembangan teknologi berkontribusi signifikan dalam mendukung pendidikan bagi siswa tunagrahita, dengan menyediakan alat dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Penelitian ini mengevaluasi tingkat kegunaan (usability) aplikasi SoulMath, sebuah media pembelajaran matematika yang dirancang khusus untuk siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan diagnosis tunagrahita pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi usability aplikasi menggunakan metode usability testing, mengidentifikasi kesulitan siswa dalam penggunaannya, serta menentukan aspek-aspek yang memerlukan peningkatan. Metode penelitian mencakup studi literatur, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner System Usability Scale (SUS), serta analisis data untuk mengevaluasi aspek usability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas menggunakan aplikasi SoulMath mencapai 70,37% yang menandakan bahwa skor sedikit di bawah rata-rata skor ideal (78%). Skor SUS yang diperoleh adalah 61,6, yang juga berada di bawah standar rata-rata (68). Kesulitan utama meliputi navigasi yang kurang intuitif, kurangnya tutorial interaktif, serta hambatan teknis seperti posisi papan ketik yang menutupi soal. Rekomendasi perbaikan mencakup penyediaan tutorial interaktif dengan teks dan audio, peningkatan navigasi, dan penyesuaian sistem experience points (XP) agar lebih ramah pengguna. Dengan perbaikan ini, aplikasi SoulMath diharapkan dapat meningkatkan kemudahan belajar (learnability), efektivitas pembelajaran, dan kemandirian siswa ABK tunagrahita dalam memahami matematika. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam mendukung siswa ABK dengan diagnosis tunagrahita melalui teknologi pembelajaran interaktif.

Referensi

Amatullah, A., 2022. Analisis Implementasi Pendidikan Berbasis Inklusif sebagai Upaya Mencegah Diskriminasi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Tambusai, [daring] Vol, 6(2), hal.16039. Tersedia di: <https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4916> [Diakses 18 Desember 2024].

Faulkner, L., 2003. Beyond the five-user assumption: Benefits of increased sample sizes in usability testing. Behavior Research Methods, Instruments, and Computers, 35(3), hal.379–383. https://doi.org/10.3758/BF03195514.

Holleran, P.A., 1991. A methodological note on pitfalls in usability testing. Behaviour and Information Technology, 10(5), hal.345–357. https://doi.org/10.1080/01449299108924295.

ISO, 2018. Part 11: Usability: Definitions and concepts.

ISO 9241-210, 2010. ISO 9241-210: Ergonomics of human–system interaction - Human-centred design for interactive systems. International Organization for Standardization.

Karat, C.M., 1994. The benefits of designing for usability. Behaviour & Information Technology, 13.

Lewis, J. dan Sauro, J., 2022. Sample Sizes for a SUS Score. [daring] Measuring U. Tersedia di: <https://measuringu.com/sample-sizes-for-sus-ci/> [Diakses 18 Juni 2024].

Lewis, J.R., 2018. The System Usability Scale: Past, Present, and Future. International Journal of Human-Computer Interaction, 34(7), hal.577–590. https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1455307.

Mifsud, J., 2015. Usability Metrics - A Guide To Quantify The Usability Of Any System. [daring] Usabilitygeek. Tersedia di: <http://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/> [Diakses 18 Juni 2024].

Neilsen, J., 2012. Introduction to Usability. [daring] Nielsen Norman Group. Tersedia di: <https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/> [Diakses 18 Juni 2024].

Nielsen, J., 1994. Enhancing the explanatory power of usability heuristics. In: Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. New York, NY, USA: ACM. hal.152–158. https://doi.org/10.1145/191666.191729.

Nielsen, J., 2000. Why You Only Need to Test with 5 Users. [daring] Jakob Nielsens Alertbox. https://doi.org/http://www.useit.com/alertbox/20000319.html.

Phytanza, D.T.P., Nur, R.A., Hasyim, Mappaompo, A.M., Rahmi, S., Oualeng, A., Silaban, P.S.M., Suyuti, Iswati dan Rukmini, B.S., 2023. Pendidikan Inklusif: Konsep, Implementasi, dan Tujuan. [daring] EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, Batam: CV. Rey Media Grafika. Tersedia di: <https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/article/view/17>.

Safira, N., 2023. Pengembangan Konten Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Tematik Pada Siswa ABK Tunagrahita Di Smkn 2 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer.

Sauro, J., 2012. 10 Benchmarks for User Experience Metrics. [daring] 16 October. Tersedia di: <https://measuringu.com/ux-benchmarks/> [Diakses 9 Juli 2024].

Sauro J dan Kindlund E, 2005. Making Sense Of Usability Metrics: Usability And Six Sigma. [daring] Proceedings of the 14th Annual Conference of the Usability Professionals Association. Tersedia di: <http://software.isixsigma.com/>.

Shafwanto, H., Mayasari, R. dan Jajuli, M., 2023. Analisis User Experience Pada Website Informatika UNSIKA di Perangkat Mobile Menggunakan Metode Usability Testing. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 338(350).

Sim, G. dan Horton, M., 2012. Investigating children’s opinions of games: Fun toolkit vs. this or that. In: ACM International Conference Proceeding Series. New York, NY, USA: ACM. hal.70–77. https://doi.org/10.1145/2307096.2307105.

U.S. Dept. of Health and Human Services, 2006. Research-based web design & usability guidelines. [daring] U.S. Dept. of Health and Human Services : U.S. General Services Administration : For sale by the Supt. of Docs., U.S. G.P.O. Tersedia di: <http://www.usability.gov/pdfs/guidelines.html>.

Yeni, S., Cagiltay, K. dan Karasu, N., 2020. Usability investigation of an educational mobile application for individuals with intellectual disabilities. Universal Access in the Information Society, 19(3), hal.619–632. https://doi.org/10.1007/s10209-019-00655-0.

Unduhan

Diterbitkan

17 Jan 2025

Cara Mengutip

Nahnul Saputro, Y., Muslimah Az-Zahra, ha, & Tri Afirianto. (2025). Evaluasi Usability Aplikasi Soulmath dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14686

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...