Perbandingan Pembentukan Kelompok Heterogen dengan Kelompok Homogen Dalam Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Berprestasi Siswa di SMAN 3 Malang
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Motivasi Berprestasi, Problem Based Learning, Kelompok Heterogen, NearpodAbstrak
Pendidikan yang efektif membutuhkan inovasi dalam metode pembelajaran, salah satu inovasi yang efektif adalah penggunaan model Problem Based Learning, yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan menjalin kerja sama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pembentukan kelompok heterogen dan homogen dalam PBL terhadap hasil belajar dan motivasi berprestasi siswa di SMAN 3 Malang. Desain penelitian memanfaatkan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, yang melibatkan peserta didik kelas X yang dibagi secara acak menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan eksperimen yang dimana. Proses pembelajaran memanfaatkan media interaktif Nearpod. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar, kuesioner motivasi berprestasi, dan observasi keaktifan peserta didik. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, meliputi uji-t, uji normalitas, dan uji homogenitas. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pembentukan kelompok heterogen menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar dan motivasi berprestasi siswa dibandingkan kelompok homogen. Keberagaman kemampuan dalam kelompok heterogen mendorong pemahaman materi lebih baik dan keterlibatan siswa yang lebih aktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan kelompok heterogen dalam PBL lebih efektif dan relevan untuk mendorong peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa.
Referensi
Cahyani, E.D., Wijoyo, S.H. and Amalia, F. (2024) ‘Perbedaan Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Nearpod Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Informatika Peserta Didik Kelas X Di SMAN 3 Malang’, 1(1), pp. 1–10.
Damanik, P.A. et al. (2023) ‘Implementasi dan Analisis Pengelolaan Kelas Heterogen di SD Negeri 101764 Percut Sei Tuan’, Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 21(1), pp. 123–127. Available at: https://doi.org/10.24114/jkss.v21i1.59703.
Diastuti, I.M. (2021) ‘Metode Pbl Melalui Media Marquee Berbasis Hots’, p. 144.
Ermita, E. (2021) ‘Make a-match: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa’, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), pp. 429–436. Available at: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1286.
Feri, A. and Zulherman, Z. (2021) ‘Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod’, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), p. 418. Available at: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127.
Hidayah, S., Ishari, N. and Ibermarza (2023) ‘Studi Komparasi Penerapan Kelas Homogen dan Heterogen Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Siswa’, Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(1), pp. 31–43. Available at: https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v6i1.2317.
Kusmadi et al. (2021) ‘Informatika Smk Kelas X’, p. 244. Available at: http://buku.kemdikbud.go.id.
Made, N., Aryani, R. and Suarjana, I.M. (2021) ‘Students’ Motivation for Learning Mathematics during the Covid-19 Pandemic’, International Journal of Elementary Education, 6(1), pp. 38–47. Available at: https://dx.doi.org/10.23887/ijee.v6i1.
Mahendradhani, G.A.A.R. (2021) Problem-Based Learning di Masa Pandemi. 1st edn. Edited by I.B.W. Wigena. Bali: NILACAKRA.
Najwa, K.N. (2024) ‘Pengaruh Penggunaan Nearpod sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia’, 6(1), pp. 49–55.
Ningsih, W., Suseno, N. and Salim, B. (2023) ‘Perbandingan Hasil Belajar dan Tingkat Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Menggunakan Metode Diskusi antara Kelompok Homogen dengan Kelompok Heterogen’, Jurnal RIset Fisika, Vol. 4 No.
Pertiwi, F.A., Luayyin, R.H. and Arifin, M. (2023) ‘Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis’, JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), pp. 42–49. Available at: https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559.
Purwaningsih (2023) ‘Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi’, EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(4), pp. 422–427. Available at: https://doi.org/10.51878/educator.v2i4.1929.
Qotrun (2022) Penelitian Eksperimen: Pengertian, Karakteristik, Subjek, Prosedur, Kelebihan dan Kekurangannya, Gramedia Blog. Available at: https://www.gramedia.com/literasi/penelitian-eksperimen/?srsltid=AfmBOoolxCq05HbO33RHVhIK8o9q48vpU6Ax2oAcmLDG0n1tfWa_oe9j.
Rabideau, S. (2005) ‘Effects of Achievement Motivation on Behavior’. Available at: http://www.personalityresearch.org/papers/rabideau.html.
Sujarwo (2011) ‘Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian Dalam Memilih Strategi Pembelajaran’, Jurnal.Uny.Ac.Id, pp. 1–9. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/download/6858/5891.
Syamsidah and Suryani, H. (2018) ‘Buku Model Peoblem Based Learning (PBL)’, Buku, pp. 1–92.
Winayawati, L., Waluya, S.. and Junaedi, I. (2012) ‘Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Think-Talk-Write Terhada Kemampuan Menulis Rangkuman dan Pemahaman Matematis Materi Integral’, Unnes Journal of Research Mathematics Education, 6(1). Available at: https://doi.org/10.24114/bss.v6i2.6378.
Cahyani, E.D., Wijoyo, S.H. and Amalia, F. (2024) ‘Perbedaan Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Nearpod Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Informatika Peserta Didik Kelas X Di SMAN 3 Malang’, 1(1), pp. 1–10.
Damanik, P.A. et al. (2023) ‘Implementasi dan Analisis Pengelolaan Kelas Heterogen di SD Negeri 101764 Percut Sei Tuan’, Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 21(1), pp. 123–127. Available at: https://doi.org/10.24114/jkss.v21i1.59703.
Diastuti, I.M. (2021) ‘Metode Pbl Melalui Media Marquee Berbasis Hots’, p. 144.
Ermita, E. (2021) ‘Make a-match: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa’, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), pp. 429–436. Available at: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1286.
Feri, A. and Zulherman, Z. (2021) ‘Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod’, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), p. 418. Available at: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127.
Hidayah, S., Ishari, N. and Ibermarza (2023) ‘Studi Komparasi Penerapan Kelas Homogen dan Heterogen Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Siswa’, Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(1), pp. 31–43. Available at: https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v6i1.2317.
Kusmadi et al. (2021) ‘Informatika Smk Kelas X’, p. 244. Available at: http://buku.kemdikbud.go.id.
Made, N., Aryani, R. and Suarjana, I.M. (2021) ‘Students’ Motivation for Learning Mathematics during the Covid-19 Pandemic’, International Journal of Elementary Education, 6(1), pp. 38–47. Available at: https://dx.doi.org/10.23887/ijee.v6i1.
Mahendradhani, G.A.A.R. (2021) Problem-Based Learning di Masa Pandemi. 1st edn. Edited by I.B.W. Wigena. Bali: NILACAKRA.
Najwa, K.N. (2024) ‘Pengaruh Penggunaan Nearpod sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia’, 6(1), pp. 49–55.
Ningsih, W., Suseno, N. and Salim, B. (2023) ‘Perbandingan Hasil Belajar dan Tingkat Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Menggunakan Metode Diskusi antara Kelompok Homogen dengan Kelompok Heterogen’, Jurnal RIset Fisika, Vol. 4 No.
Pertiwi, F.A., Luayyin, R.H. and Arifin, M. (2023) ‘Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis’, JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), pp. 42–49. Available at: https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559.
Purwaningsih (2023) ‘Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi’, EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 2(4), pp. 422–427. Available at: https://doi.org/10.51878/educator.v2i4.1929.
Qotrun (2022) Penelitian Eksperimen: Pengertian, Karakteristik, Subjek, Prosedur, Kelebihan dan Kekurangannya, Gramedia Blog. Available at: https://www.gramedia.com/literasi/penelitian-eksperimen/?srsltid=AfmBOoolxCq05HbO33RHVhIK8o9q48vpU6Ax2oAcmLDG0n1tfWa_oe9j.
Rabideau, S. (2005) ‘Effects of Achievement Motivation on Behavior’. Available at: http://www.personalityresearch.org/papers/rabideau.html.
Sujarwo (2011) ‘Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian Dalam Memilih Strategi Pembelajaran’, Jurnal.Uny.Ac.Id, pp. 1–9. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/download/6858/5891.
Syamsidah and Suryani, H. (2018) ‘Buku Model Peoblem Based Learning (PBL)’, Buku, pp. 1–92.
Winayawati, L., Waluya, S.. and Junaedi, I. (2012) ‘Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Think-Talk-Write Terhada Kemampuan Menulis Rangkuman dan Pemahaman Matematis Materi Integral’, Unnes Journal of Research Mathematics Education, 6(1). Available at: https://doi.org/10.24114/bss.v6i2.6378.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.