Pengaruh Implementasi Flipped Classroom Terhadap Self-Regulated Learning dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Web Content
Kata Kunci:
flipped classroom, hasil belajar, self-regulated learning, web contentAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber belajar dan keterbatasan waktu guru dalam mengajar yang menghambat proses pembelajaran. Teknologi informasi memberikan peluang untuk mengatasi masalah ini, salah satunya melalui model flipped classroom berbasis e-learning. Model ini mendukung fleksibilitas belajar, tetapi keberhasilannya tergantung pada partisipasi aktif siswa. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh flipped classroom pada mata pelajaran web content terhadap self-regulated learning dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 3 Malang. Subjek penelitian terdiri dari 42 siswa, 21 siswa di kelas kontrol dengan metode konvensional dan 21 siswa di kelas eksperimen menggunakan flipped classroom. Metode yang digunakan adalah Weak Experimental Static-Group Pretest-Posttest Design dengan instrumen soal dan kuesioner yang telah diuji validitasnya. Uji data dilakukan menggunakan independent t-test untuk data yang memenuhi asumsi normalitas dan homogenitas, serta uji nonparametrik Mann Whitney U untuk data yang tidak memenuhi asumsi. Hasil penelitian menunjukkan flipped classroom memengaruhi hasil belajar psikomotor dengan perbedaan signifikan, tetapi tidak memengaruhi hasil kognitif maupun self-regulated learning secara signifikan
Referensi
Bayu, E. P. S., & Rahmi, S. M. (2018). Penerapan Strategi Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI SMKN 2 Padangpanjang. Inovasi Pendidikan, 5(2).
Cho, H. J., Zhao, K., Lee, C. R., Runshe, D., & Krousgrill, C. (2021). Active Learning Through Flipped Classroom in Mechanical Engineering: Improving Students’ Perception of Learning and Performance. International Journal of STEM Education, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40594-021-00302-2
Damayanti, S. A., Santyasa, I. W., & Sudiatmika, R. A. A. I. A. (2020). Pengaruh Model Problem Based-Learning dengan Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Kependidikan, 4(1), 83–98.
Gutji, N., Wahyuni, H., Yusra, A., & Sekonda, F. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMAN 2 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.
Handayani, S., & Sholikhah, N. (2021). Pengaruh Antara Self Efficacy Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1373–1382. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.553
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian (4th ed.). PT Rajagrafindo Persada.
Iskandar, A., Winata, W., Haluti, F., Kurdi, M. S., Sitompul, P. H. S., Kurdi, M. S., Nurhayati, S., Hasanah, M., & Arisa, M. F. (2023). Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan (A. Iskandar, Ed.; 1st ed.). Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.
Jdaitawi, M. (2019). The Effect of Flipped Classroom Strategy on Students Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 12(3), 665–680. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12340a
Jung, H., Park, S. W., Kim, H. S., & Park, J. (2022). The Effects of The Regulated Learning-Supported Flipped Classroom on Student Performance. Journal of Computing in Higher Education, 34(1), 132–153. https://doi.org/10.1007/s12528-021-09284-0
Kharysma, N., Safitri, K., & Prihatnani, E. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Tutorial dalam Pembelajaran Daring Ditinjau dari Tingkat Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 77–84. https://doi.org/10.26486/jm.v5i2.1493
Khoiroh, N., Munoto, & Lilik, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10.
Kristiyani, T. (2016). Self-Regulated Learning Konsep, Implikasi dan Tantangan Bagi Siswa di Indonesia (Y. Y. Taum, Ed.; 1st ed.). Sanata Dharma University Press.
Linur, R., & Mubarak, M. R. (2022). Students’ Perceptions on Using the Flipped Classroom Method to Support Their Self-Regulated Learning in Arabic Speaking Skills: Exploratory Study. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.23971/altarib.v10i1.3812
Martina, F., Liska Afriani, Z., Jannah, L., Fatmawati, U., & Bengkulu, S. (2021). The Effect of Flipped Classroom Stategy in Improving Student Self-Regulation Learning. Ijretal: International Journal of Research on English Teaching and Applied Linguistics, 2(2).
Masripah, Wiganda, I., & Fatonah, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(01), 236–248. www.journal.uniga.ac.id
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif (S. R. Wahyuningrum, Ed.; 1st ed.). Jakad Media Publishing.
Parwati, N. N., Suharta, I. G. P., & Sudatha, I. G. W. (2023). Blended Learning Berbantuan Media Interaktif (G. P. A. Arimbawa, Ed.; 1st ed.). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Rawis, J. A. M., Koessoy, H. M., & Kalalo, D. K. R. (2023). Transformasi Digital Pada Lembaga Pendidikan (J. S. J. Lengkong & V. N. J. Rotty, Eds.; 1st ed.). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Rofiqoh, I., & Zulhawati. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Rutkowski, J., & Moscinska, K. (2013). Self-Directed Learning and Flip Teaching Electric Circuit Theory Case Study. https://www.khanacademy.org
Saraswati, A., Meilana, S. F., Utami, S., Artiani, L. E., Wahyuningsih, S., Jalal, N. M., Syamiya, E. N., Wahab, A. Y., Rahmiati, D., Shalahudin, M. I., Suryadin, A., Nihaya, M., Nur, J., & Rifai, M. H. (2022). Tantangan Pendidikan di Era Digital 5.0 (W. Ikawati, H. Nuraini, & M. M. Swara, Eds.; 1st ed.). Yayasan Wiyata Bastari Samasta.
Sianturi, R. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Sirakaya, A., & Ozdemir, S. (2018). The Effect Of A Flipped Classroom Model On Academic Achievement, Self-Directed Learning Readiness, Motivation And Retention. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 6(1). www.mojet.net
Suhartuti, T. (2023). Flipped Classroom Model Pembelajaran Inovatif Matematika (S. Muhlis, Ed.; 1st ed.). Penerbit Adab.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
Wahyuni, L., Salingkat, S., Tamagola, R. H. A., Palayukan, H., Haidar, I., & Sitopu, J. W. (2024). Analisis Keberhasilan Implementasi Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Perguruan Tinggi. Journal on Education, 06(04), 18954–18964.
Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) terhadap Hasil Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(02), 71–77.
Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id
Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped Classroom : Model Pembelajaran untuk Mencapai Kecakapan Abad 21 Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 372. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3209
Bayu, E. P. S., & Rahmi, S. M. (2018). Penerapan Strategi Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI SMKN 2 Padangpanjang. Inovasi Pendidikan, 5(2).
Cho, H. J., Zhao, K., Lee, C. R., Runshe, D., & Krousgrill, C. (2021). Active Learning Through Flipped Classroom in Mechanical Engineering: Improving Students’ Perception of Learning and Performance. International Journal of STEM Education, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40594-021-00302-2
Damayanti, S. A., Santyasa, I. W., & Sudiatmika, R. A. A. I. A. (2020). Pengaruh Model Problem Based-Learning dengan Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Kependidikan, 4(1), 83–98.
Gutji, N., Wahyuni, H., Yusra, A., & Sekonda, F. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMAN 2 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.
Handayani, S., & Sholikhah, N. (2021). Pengaruh Antara Self Efficacy Dan Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1373–1382. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.553
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian (4th ed.). PT Rajagrafindo Persada.
Iskandar, A., Winata, W., Haluti, F., Kurdi, M. S., Sitompul, P. H. S., Kurdi, M. S., Nurhayati, S., Hasanah, M., & Arisa, M. F. (2023). Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan (A. Iskandar, Ed.; 1st ed.). Cendekiawan Inovasi Digital Indonesia.
Jdaitawi, M. (2019). The Effect of Flipped Classroom Strategy on Students Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 12(3), 665–680. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12340a
Jung, H., Park, S. W., Kim, H. S., & Park, J. (2022). The Effects of The Regulated Learning-Supported Flipped Classroom on Student Performance. Journal of Computing in Higher Education, 34(1), 132–153. https://doi.org/10.1007/s12528-021-09284-0
Kharysma, N., Safitri, K., & Prihatnani, E. (2021). Efektifitas Penggunaan Video Tutorial dalam Pembelajaran Daring Ditinjau dari Tingkat Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 77–84. https://doi.org/10.26486/jm.v5i2.1493
Khoiroh, N., Munoto, & Lilik, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10.
Kristiyani, T. (2016). Self-Regulated Learning Konsep, Implikasi dan Tantangan Bagi Siswa di Indonesia (Y. Y. Taum, Ed.; 1st ed.). Sanata Dharma University Press.
Linur, R., & Mubarak, M. R. (2022). Students’ Perceptions on Using the Flipped Classroom Method to Support Their Self-Regulated Learning in Arabic Speaking Skills: Exploratory Study. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.23971/altarib.v10i1.3812
Martina, F., Liska Afriani, Z., Jannah, L., Fatmawati, U., & Bengkulu, S. (2021). The Effect of Flipped Classroom Stategy in Improving Student Self-Regulation Learning. Ijretal: International Journal of Research on English Teaching and Applied Linguistics, 2(2).
Masripah, Wiganda, I., & Fatonah, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(01), 236–248. www.journal.uniga.ac.id
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif (S. R. Wahyuningrum, Ed.; 1st ed.). Jakad Media Publishing.
Parwati, N. N., Suharta, I. G. P., & Sudatha, I. G. W. (2023). Blended Learning Berbantuan Media Interaktif (G. P. A. Arimbawa, Ed.; 1st ed.). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Rawis, J. A. M., Koessoy, H. M., & Kalalo, D. K. R. (2023). Transformasi Digital Pada Lembaga Pendidikan (J. S. J. Lengkong & V. N. J. Rotty, Eds.; 1st ed.). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Rofiqoh, I., & Zulhawati. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Rutkowski, J., & Moscinska, K. (2013). Self-Directed Learning and Flip Teaching Electric Circuit Theory Case Study. https://www.khanacademy.org
Saraswati, A., Meilana, S. F., Utami, S., Artiani, L. E., Wahyuningsih, S., Jalal, N. M., Syamiya, E. N., Wahab, A. Y., Rahmiati, D., Shalahudin, M. I., Suryadin, A., Nihaya, M., Nur, J., & Rifai, M. H. (2022). Tantangan Pendidikan di Era Digital 5.0 (W. Ikawati, H. Nuraini, & M. M. Swara, Eds.; 1st ed.). Yayasan Wiyata Bastari Samasta.
Sianturi, R. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Sirakaya, A., & Ozdemir, S. (2018). The Effect Of A Flipped Classroom Model On Academic Achievement, Self-Directed Learning Readiness, Motivation And Retention. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 6(1). www.mojet.net
Suhartuti, T. (2023). Flipped Classroom Model Pembelajaran Inovatif Matematika (S. Muhlis, Ed.; 1st ed.). Penerbit Adab.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
Wahyuni, L., Salingkat, S., Tamagola, R. H. A., Palayukan, H., Haidar, I., & Sitopu, J. W. (2024). Analisis Keberhasilan Implementasi Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Perguruan Tinggi. Journal on Education, 06(04), 18954–18964.
Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) terhadap Hasil Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(02), 71–77.
Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id
Yulianti, Y. A., & Wulandari, D. (2021). Flipped Classroom : Model Pembelajaran untuk Mencapai Kecakapan Abad 21 Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 372. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3209
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.