Perancangan Interaksi untuk Sistem Manajemen Akun Sistem Informasi di Universitas Brawijaya dengan Kerangka Goal-Directed Design

Perancangan Interaksi untuk Sistem Manajemen Akun Sistem Informasi di Universitas Brawijaya dengan Kerangka Goal-Directed Design

Penulis

  • Fatih Meru Samudra Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda

Kata Kunci:

goal-directed design, sistem manajemen akun pengguna, usability testing, desain interaksi

Abstrak

Manajemen akun pengguna mencakup pengelolaan hak akses pengguna terhadap apa, kapan, bagaimana, serta perihal keamanan, kepatuhan, dan efisiensi operasional. Universitas Brawijaya memiliki sistem manajemen akun yaitu Brawijaya Authentication and Identification System (BAIS). Ternyata manajemen akun pengguna saat ini membutuhkan dua sistem informasi yaitu sim.ub.ac.id, dan bais.ub.ac.id. Proses tersebut menjadikan aktivitas manajemen akun kurang efisien karena terdapat tahap yang berulang dan kurang memperhatikan pengalaman penggun. Penelitian ini menggunakan kerangka goal-directed design untuk mengetahui kebutuhan pengguna dan organisasi serta pengujian usability untuk menilai kualitas sistem berupa efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil wawancara menemukan terdapat layanan tambahan yang dibutuhkan untuk rancangan baru. Pengujian usability memberikan hasil berupa 9 permasalahan usability serta menunjukkan tingkat efektivitas terdapat tugas yang sukses dengan kendala besar (SB) dan kecil (SK), nilai rata-rata efisiensi sebesar 140,2 detik per tugas, dan kepuasan pengguna sebesar 46,25 dengan kategori poor (buruk) atau not acceptable (tidak bisa diterima). Berdasarkan temuan tersebut dihasilkan rancangan baru yang kembali diuji. Hasilnya menunjukkan peningkatan pada aspek efektivitas yang hanya terdapat sukses dengan kendala kecil (SK). Aspek efisiensi meningkat dengan turunnya waktu menjadi 33,3 detik. Aspek kepuasan pengguna meningkat menjadi 78,75 yang menandakan bahwa desain baru dianggap good (bagus) dan acceptable (dapat diterima).

Referensi

Brawijaya Information Technology Services, n.d. UB ID. [online] Tersedia di: <https://bits.ub.ac.id/id/tentang-ub-id/> [Diakses 27 Mei 2024].

Budiu, R. 2017. Quantitative vs. Qualitative Usability Testing. [online] Tersedia di: <https://www.nngrup.com/articles/quant-vs-qual/> [Diakses 20 Juni 2024].

Cooper, A., Reimann, R., Cronin, D., & Noessel, C., 2014. About Face: The Essentials of Interaction Design. 4th ed. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc.

Cybellium Ltd. 2023. Mastering IT Administration, [e-book] N.p. Tersedia di: < https://www.google.co.id/books/edition/_/l7fnEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1> [Diakses pada 6 Juni 2024]

International Organization for Standardization. (2018). ISO 9241-11: 2018—Ergonomics of Human-System Interaction—Part 11: Usability: Definitions and Concepts. ISO standards catalogue

Laubhimer, P. 2018. Beyond the NPS: Measuring Perceived Usability with the SUS, NASA-TLX, and the Single Ease Question After Tugass and Usability Tests. [online] Tersedia di: <https://www.nngrup.com/articles/measuring-perceived-usability/> [Diakses 24 Juni 2024].

Mifsud, J. 2015. Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System. [online] Tersedia di: <https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/> [Diakses pada 29 Oktober 2023].

Moran, K. 2019. Usablity Testing 101, [online] Tersedia di: <https://www.nngrup.com/articles/usability-testing-101/>[Diakses tanggal 20 Juni 2024]

Nielsen, J., Budiu, R. 2021. Success Rate: The Simplest Usability Metric, [online] Tersedia di: <https://www.nngroup.com/articles/success-rate-the-simplest-usability-metric/> [Diakses pada 21 Oktober 2024].

Nielsen, J. 2012. Usability 101: Introduction to Usability, [online] Tersedia di: < https://www.nngrup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/> [Diakses pada 28 Oktober 2024].

Rubin, J., Chisnell, D., 2008. Handbook of Usability Testing - How to Plan, Design, dan Conduct Effective Tests. 2nd ed, Indianapolis: Wiley Publishing.

Sauro, J., 2018. 5 Ways to Interpret a SUS Score, [online] Tersedia di: <https://measuringu.com/interpret-sus-score/> [Diakses pada 1 Juli 2024].

Sharp, H., Preece, J., Rogers, Y. (2019). Interacton Design Beyond Human-Computer Interaction. 5th ed. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc.

Universitas Brawijaya, 2020. Rencana Strategis Universitas brawijaya Tahun 2020 - 2024. [pdf] Tersedia di: <https://statistika.ub.ac.id/wp-content/uploads/2020/09/Buku-Renstra-UB-2020-2024.pdf> [Diakses 20 Mei 2024].

Universitas Brawijaya, n.d. Profil Singkat. [online] Tersedia di: <https://www.ub.ac.id/id/about/brief-profile/> [Diakses pada 20 Mei 2024].

Unduhan

Diterbitkan

17 Jan 2025

Cara Mengutip

Samudra, F. M., & Aknuranda, I. (2025). Perancangan Interaksi untuk Sistem Manajemen Akun Sistem Informasi di Universitas Brawijaya dengan Kerangka Goal-Directed Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14697

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...