Analisis Pengaruh Program Clash of Champions terhadap Minat Memilih Bimbingan Belajar Ruangguru
Kata Kunci:
brand ambassador, brand image, kualitas konten, minat memilihAbstrak
Pendidikan formal saat ini dinilai kurang cukup dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kebutuhan akan tambahan pembelajaran di luar jam sekolah, terutama bagi siswa SMA yang hendak menghadapi ujian masuk perguruan tinggi, mendorong bermunculnya lembaga bimbingan belajar. Situasi ini selanjutnya memicu persaingan yang semakin kompetitif di antara lembaga bimbingan belajar. Persaingan di dunia pendidikan telah mendorong munculnya inovasi dalam layanan bimbingan belajar. Dengan kondisi ini, perlu adanya strategi pemasaran yang inovatif untuk menarik minat siswa. Salah satu inovasi tersebut adalah program Clash of Champions (COC) yang dikembangkan oleh Ruangguru. Program ini menampilkan kompetisi berbasis kecerdasan dan keterampilan antara peserta dari berbagai universitas ternama, disertai dengan promosi oleh peserta sebagai wajah brand Ruangguru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari beberapa variabel program COC terhadap minat siswa dalam memilih layanan bimbingan belajar Ruangguru, dengan mengambil studi kasus pada Brain Academy Ruangguru Sawojajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada siswa Brain Academy Ruangguru Sawojajar. Proses analisis data menerapkan metode generalized linear model menggunakan aplikasi RStudio. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa variabel brand ambassador, brand image, dan kualitas konten memiliki pengaruh terhadap minat siswa memilih bimbingan belajar Ruangguru. Hasil analisis yang telah dilakukan juga menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh sebesar 63,84% terhadap variabel dependen yang diteliti.
Referensi
Abdjul, M., et al. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Brand Image terhadap Minat Beli. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 28(1), 1-10.
Ali, M.M., 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), pp.1-5.
Aziz, M.R.A., 2024. Ramai Acara Clash of Champions, Pakar Sosiologi Pendidikan UNAIR Beri Tanggapan. Universitas Airlangga Official Website.
Desri, S., Sari, M.C., Fadilla, S.F., Khairani, W. and Sabila, S.S., 2024. Analisis Strategis Public Relations Ruang Guru Dalam Upaya Membangun Branding Sebagai Platform Mitra Belajar Daring. EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(2), pp.474–489.
Disastra, D., Novita, D. and Jaelani, 2022. PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor di Bandar Lampung). 2(1), pp.55–66.
Faiqoh, M., Noermansyah, A.L. and Faidah, Y.A., 2019. ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR PADA LEMBAGA BIMBEL INSAN PROGRES LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL. Politeknik Harapan Bersama Tegal.
Fikadiyanti, D. and Sudrajat, R.H., 2020. Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Iqbaal Ramadhan Dan Kredibilitas Merek Terhadap Minat Beli Aplikasi Ruangguru Pada Pelajar Di Jawa Barat.
Fikri, B.N., Salma, N. and Fajri, V., 2022. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Motivasi Penggunaan Aplikasi Belajar Ruang Guru.
Firmansyah, D. and Dede, 2022. Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), [online] 1(2), pp.85–114.
Fitriani, N., 2024. STRATEGI PEMASARAN UMKM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Toko Busana Mbak Asih Desa Tanjungtirta, Punggelan, Banjarnegara).
Hermawan, E., 2023. Literature Review Perilaku Konsumen: Loyalitas Pelanggan, Pembelian Ulang dan Minat Beli. [online] 1(1).
Hertanto, E., 2017. Perbedaan skala likert lima skala dengan modifikasi skala likert empat skala. Metodologi Penelitian, 2(2-3).
Imron, I., 2019. Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 5(1), pp.19-28. ISSN: 2461-0690.
Ismail, S., 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek “Project Based Learning” Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 35 Halmahera Selatan Pada Konsep Gerak Lurus”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8.
Juliandi, A. and Manurung, S., 2014. Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.
Keswari, N., Sumarjaya, I. W. & Suciptawati, N. (2014) 'Perbandingan regresi binomial negatif dan regresi generalisasi Poisson dalam mengatasi overdispersi (studi kasus: jumlah tenaga kerja usaha pencetak genteng di Br. Dukuh, Desa Pejaten)', E-Jurnal Matematika, 3, pp. 107-120. doi: 10.24843/MTK.2014.v03.i03.p072.
Kurniawan, D., et al., 2021. Peran teknologi dalam pendidikan modern. Jurnal Pendidikan, 9(2), pp.112-130.
Latifah, U., 2017. PENGARUH PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS LEARNING TERHADAP SOSIO-EMOSIONAL SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA NU HASYIM ASY’ARI 02 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017.
Lorenza, T., Dwijaya, J. and Handy, 2018. Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Beli melalui Kepercayaan Pembeli. Sistem Informasi.
Mahsyar, J.H. and Gunawan, W.H., 2024. ANALISIS PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN PEMUTIH LUX DENGAN VARIABEL MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.
Muflichah, I., 2023. Analisis Pengaruh Kualitas Konten Media Sosial Merek terhadap Kesadaran Merek dan Niat Pembelian pada Merek Fashion Muslim. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, [online] 1(6), pp.251–272.
Nursaidah, N.S., 2023. Analisis strategi bersaing bisnis lembaga bimbingan belajar (Studi kasus Yayasan Al-Gibran Generasi Qurani). Skripsi. Depok: GICI Business School.
Pasaribu, C.Y., 2021. Strategi Komunikasi Bimbingan Belajar Tentor Bandung Melalui Program Star Class (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Prihartini, E., Mahiri, E.A., Hakim, A. and Kurnadi, E., 2022. PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK TOKO ELZATTA MAJALENGKA. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial.
Putri, D.L. and Aznuriyandi, 2019. Pengaruh Brand Image Terhadap KeputusanMemilih Bimbingan Belajar Pada Lembaga Pendidikan Ganesha Operation Di Pekanbaru.
Putri, M.K., 2019. STRATEGI PEMASARAN DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR INTENS BATAM SKRIPSI.
Rini, D.S. and Faisal, F., 2015. Perbandingan Power of Test dari Uji Normalitas Metode Bayesian, Uji Shapiro-Wilk, Uji Cramer-von Mises, dan Uji Anderson-Darling. Jurnal Gradien, 11(2), pp.1101–1105.
Rosmidatun, H., 2016. PENGARUH SOSIALISASI DAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP MOTIVASI MASYARAKAT UNTUK MEMBAYAR ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA SEMARANG.
Ruangguru, 2024. Jadwal Tayang Clash of Champions Minggu Ini!. [online] Ruangguru Blog.
Sanaky, M.M., Saleh, L.Moh. and Titaley, H.D., 2021. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA MAN 1 TULEHU MALUKU TENGAH. JURNAL SIMETRIK, 11.
Sari, A.E.K. and Patrikha, F.D., 2024. PENGARUH KUALITAS KONTEN, JUMLAH PENGIKUT DAN RATING TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM E-COMMERCE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12.
Satria, R. and Imam, D.C., 2024. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bahtera Adi Jaya Periode 2018-2022. Volume 6 Nomor 7, pp. 5490–5500.
Sehangunaung, A.A., Mandey, S.L. and Roring, F., 2023. ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA APLIKASI LAZADA DI KOTA MANADO THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION USING DELIVERY SERVICES AT TIKI GARUDA AGENT MANADO BRANCH. Roring. 1 Jurnal EMBA, [online] 11(3), pp.1–11.
Setiawan, P.E.P., 2020. Analisis pengaruh perubahan harga komoditas kopi dan perubahan valuta asing terhadap return saham perusahaan kopi yang go public pada tahun 2014-2019. thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
Siswanto, J.A., 2022. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Berlangganan Ruang Guru pada Siswa SMP Negeri 1 Krembung. [online] Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Sudariana, N., 2021. Analisis Statistik Regresi Linier Berganda.
Sulikah, S., Muharsih, L. and Simatupang, M., 2022. PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE RUANG GURU DI SMAN 1 BANYUSARI KARAWANG. 1.
Swastika, I.G.A.D.G.P., 2022. PENGARUH KUALITAS KONTEN TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS INSTAGRAM @TRANSFORME.ID. UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Abdjul, M., et al. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Brand Image terhadap Minat Beli. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 28(1), 1-10.
Ali, M.M., 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), pp.1-5.
Aziz, M.R.A., 2024. Ramai Acara Clash of Champions, Pakar Sosiologi Pendidikan UNAIR Beri Tanggapan. Universitas Airlangga Official Website.
Desri, S., Sari, M.C., Fadilla, S.F., Khairani, W. and Sabila, S.S., 2024. Analisis Strategis Public Relations Ruang Guru Dalam Upaya Membangun Branding Sebagai Platform Mitra Belajar Daring. EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(2), pp.474–489.
Disastra, D., Novita, D. and Jaelani, 2022. PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor di Bandar Lampung). 2(1), pp.55–66.
Faiqoh, M., Noermansyah, A.L. and Faidah, Y.A., 2019. ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR PADA LEMBAGA BIMBEL INSAN PROGRES LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL. Politeknik Harapan Bersama Tegal.
Fikadiyanti, D. and Sudrajat, R.H., 2020. Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Iqbaal Ramadhan Dan Kredibilitas Merek Terhadap Minat Beli Aplikasi Ruangguru Pada Pelajar Di Jawa Barat.
Fikri, B.N., Salma, N. and Fajri, V., 2022. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Motivasi Penggunaan Aplikasi Belajar Ruang Guru.
Firmansyah, D. and Dede, 2022. Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), [online] 1(2), pp.85–114.
Fitriani, N., 2024. STRATEGI PEMASARAN UMKM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus Toko Busana Mbak Asih Desa Tanjungtirta, Punggelan, Banjarnegara).
Hermawan, E., 2023. Literature Review Perilaku Konsumen: Loyalitas Pelanggan, Pembelian Ulang dan Minat Beli. [online] 1(1).
Hertanto, E., 2017. Perbedaan skala likert lima skala dengan modifikasi skala likert empat skala. Metodologi Penelitian, 2(2-3).
Imron, I., 2019. Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 5(1), pp.19-28. ISSN: 2461-0690.
Ismail, S., 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek “Project Based Learning” Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 35 Halmahera Selatan Pada Konsep Gerak Lurus”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8.
Juliandi, A. and Manurung, S., 2014. Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi: Sukses Menulis Skripsi & Tesis Mandiri. Umsu Press.
Keswari, N., Sumarjaya, I. W. & Suciptawati, N. (2014) 'Perbandingan regresi binomial negatif dan regresi generalisasi Poisson dalam mengatasi overdispersi (studi kasus: jumlah tenaga kerja usaha pencetak genteng di Br. Dukuh, Desa Pejaten)', E-Jurnal Matematika, 3, pp. 107-120. doi: 10.24843/MTK.2014.v03.i03.p072.
Kurniawan, D., et al., 2021. Peran teknologi dalam pendidikan modern. Jurnal Pendidikan, 9(2), pp.112-130.
Latifah, U., 2017. PENGARUH PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS LEARNING TERHADAP SOSIO-EMOSIONAL SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA NU HASYIM ASY’ARI 02 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017.
Lorenza, T., Dwijaya, J. and Handy, 2018. Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Beli melalui Kepercayaan Pembeli. Sistem Informasi.
Mahsyar, J.H. and Gunawan, W.H., 2024. ANALISIS PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN PEMUTIH LUX DENGAN VARIABEL MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.
Muflichah, I., 2023. Analisis Pengaruh Kualitas Konten Media Sosial Merek terhadap Kesadaran Merek dan Niat Pembelian pada Merek Fashion Muslim. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, [online] 1(6), pp.251–272.
Nursaidah, N.S., 2023. Analisis strategi bersaing bisnis lembaga bimbingan belajar (Studi kasus Yayasan Al-Gibran Generasi Qurani). Skripsi. Depok: GICI Business School.
Pasaribu, C.Y., 2021. Strategi Komunikasi Bimbingan Belajar Tentor Bandung Melalui Program Star Class (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Prihartini, E., Mahiri, E.A., Hakim, A. and Kurnadi, E., 2022. PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK TOKO ELZATTA MAJALENGKA. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial.
Putri, D.L. and Aznuriyandi, 2019. Pengaruh Brand Image Terhadap KeputusanMemilih Bimbingan Belajar Pada Lembaga Pendidikan Ganesha Operation Di Pekanbaru.
Putri, M.K., 2019. STRATEGI PEMASARAN DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR INTENS BATAM SKRIPSI.
Rini, D.S. and Faisal, F., 2015. Perbandingan Power of Test dari Uji Normalitas Metode Bayesian, Uji Shapiro-Wilk, Uji Cramer-von Mises, dan Uji Anderson-Darling. Jurnal Gradien, 11(2), pp.1101–1105.
Rosmidatun, H., 2016. PENGARUH SOSIALISASI DAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP MOTIVASI MASYARAKAT UNTUK MEMBAYAR ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA SEMARANG.
Ruangguru, 2024. Jadwal Tayang Clash of Champions Minggu Ini!. [online] Ruangguru Blog.
Sanaky, M.M., Saleh, L.Moh. and Titaley, H.D., 2021. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG ASRAMA MAN 1 TULEHU MALUKU TENGAH. JURNAL SIMETRIK, 11.
Sari, A.E.K. and Patrikha, F.D., 2024. PENGARUH KUALITAS KONTEN, JUMLAH PENGIKUT DAN RATING TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM E-COMMERCE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 12.
Satria, R. and Imam, D.C., 2024. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bahtera Adi Jaya Periode 2018-2022. Volume 6 Nomor 7, pp. 5490–5500.
Sehangunaung, A.A., Mandey, S.L. and Roring, F., 2023. ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA APLIKASI LAZADA DI KOTA MANADO THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION USING DELIVERY SERVICES AT TIKI GARUDA AGENT MANADO BRANCH. Roring. 1 Jurnal EMBA, [online] 11(3), pp.1–11.
Setiawan, P.E.P., 2020. Analisis pengaruh perubahan harga komoditas kopi dan perubahan valuta asing terhadap return saham perusahaan kopi yang go public pada tahun 2014-2019. thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
Siswanto, J.A., 2022. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Berlangganan Ruang Guru pada Siswa SMP Negeri 1 Krembung. [online] Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Sudariana, N., 2021. Analisis Statistik Regresi Linier Berganda.
Sulikah, S., Muharsih, L. and Simatupang, M., 2022. PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIMBINGAN BELAJAR ONLINE RUANG GURU DI SMAN 1 BANYUSARI KARAWANG. 1.
Swastika, I.G.A.D.G.P., 2022. PENGARUH KUALITAS KONTEN TERHADAP MINAT BELI FOLLOWERS INSTAGRAM @TRANSFORME.ID. UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.