Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Livin by Mandiri Menggunakan Metode EUCS (Studi Kasus Mahasiswa di DKI Jakarta)
Kata Kunci:
livin by mandiri, mahasiswa, dki jakarta, kepuasan penggunaAbstrak
Livin by Mandiri merupakan aplikasi perbankan dengan tujuan memudahkan nasabah Bank Mandiri dalam mengelola keuangan mereka secara praktis dan efisien. Terdapat permasalahan terkait kepuasan pengguna aplikasi Livin by Mandiri. Permasalahan terkait kepuasan pengguna aplikasi Livin by Mandiri yang belum maksimal, mahasiswa sebagai pasar potensial pengguna m-banking, dan DKI Jakarta dengan jumlah pengguna internet terbanyak di Indonesia menjadi motivasi penulis melakukan penelitian analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna aplikasi Livin by Mandiri di kalangan mahasiswa DKI Jakarta. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu pengaruh aspek EUCS dalam secara parsial dan bersama-sama terhadap User Satisfaction aplikasi Livin by Mandiri di kalangan mahasiswa DKI Jakarta. Penelitian kuantitatif ini mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa di DKI Jakarta. Penelitian juga dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yang mendapatkan 102 responden. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa 4 hipotesis penelitian diterima dan 2 hipotesis penelitian ditolak. Hipotesis penelitian ditolak karena variabel Content dan Accuracy tidak berpengaruh signifikan terhadap User Satisfaction.
Referensi
Ahmed, R., Ahmed, O., Pappel, I., & Draheim, D., 2022. E-Court System Evaluation through the User’s Perspective: Applying the End-User Computing Satisfaction (EUCS) Model. DG.O 2022: The 23rd Annual International Conference on Digital Government Research. https://doi.org/10.1145/3543434.3543560.
Alvin, A., & Saputri, N., 2019. Pengukuran Tingkat Kepuasaan Pengguna pada Portal Program Studi Sistem Informasi Bina Darma Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (Doctoral dissertation, Universitas Bina Darma).
Arqoub, M., Ghanbaripour, A., Langston, C., & Skulmoski, G., 2023. Beyond Design and Delivery: Developing a Model To Measure End-User Satisfaction (Delight) in Projects. Built Environment Project and Asset Management. https://doi.org/10.1108/bepam-07-2022-0106.
Aulia, N., & Purmono, B. B., 2023. The Influence of E-Service Quality and Service Innovation on User Loyalty in the Livin'By Mandiri Application with User Satisfaction as an Mediating Variable (Study of Livin'By Mandiri Users in Pontianak City). JEMBA: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 1(3), 25-43.
Badan Pusat Statistik Indonesia., 2022. Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan komunikasi 2021. https://www.bps.go.id/id/publication/2022/09/30/5fe4f0dbccd96d07098c78d3/indeks-pembangunan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-2021.html
Bowoleksono, F. H. B., Kusumawardani, D. M., & Fathoni, M. Y., 2022. Evaluasi Kinerja Aplikasi PakBudi Terhadap Minat Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) pada Perguruan Tinggi Swasta. JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), 6(1), 13-22.
Chen, X., Liu, C., & Li, S., 2019. Electronic Commerce Research and Applications The Role of Supply Chain Finance in Improving the Competitive Advantage of Online Retailing Enterprises. Electronic Commerce Research and Applications, 33 (December 2018), 100821. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2018.100821
Debora, M., & Widiati, E., 2023. Minat Penggunaan Aplikasi Mybca Dalam Perspektif Model Tam. Management and Accounting Expose, 6(2).
Doll, W. J., & Torkzadeh, G., 1998. The Measurement of End-USer Computing Satisfaction. MIS Quarterly. 12(2), 259-274
Elgahwash, F., 2021. Management and Strategies for Customers Adoption of Mobile Banking Services., 215-234. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-8583-2.CH011.
Geebren, A., Jabbar, A., & Luo, M., 2021. Examining the role of consumer satisfaction within mobile eco-systems: Evidence from Mobile Banking Services. Computers in Human Behavior, 114, 106584. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106584
Hair, J., Anderson, R., Babin, B. dan Black, W., 2010, Multivariate Data Analysis. 7ed.
Jaafreh, A. B., 2017. Evaluation Information System Success: Applied DeLone and McLean Information System Success Model in Context Banking System in KSA. International Review of Management and Business Research.
Kristianti, M., & Pambudi, R., 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Tingkat Keamanan, dan Fitur Layanan Terhadap Penggunaan Mobile Banking pada Mahasiswa Di DKI Jakarta. , 11, 50-67. https://doi.org/10.25170/jara.v11i1.52.
Marwati, E., & Krisbiantoro, D., 2023. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Web Students Universitas Amikom Purwokerto Menggunakan Metode EUCS. Journal of Information System Management (JOISM), 4(2), 67-72.
Nafikov, R., 2022. Digitalization of the Banking System: Risks and Opportunities for Managing Financial Assets. Management Sciences. https://doi.org/10.26794/2304-022x-2022-12-3-39-52.
Nurhidayati, E., & Sukarno, G., 2023. Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Melalui Digitalisasi Jasa Perbankan “Digi By Bank Bjb” Guna Meningkatkan Loyalitas Dan Target Nasabah. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 309-315.
Oliver, R.L., 1999, “Whence Consumer Loyalty?” Journal of Marketing, Vol. 63, No. 4, pp. 33-44.
Prabawanti, R., & Sihombing, D. J. C., 2023. Analysis of Factors Affecting User Satisfaction of E-Commerce Applications Using End-User Computing Satisfaction (EUCS) Method. Journal of Information Systems and Informatics, 5(1), 324-332.
Pratomo, A. B., Harahap, M. A. K., Oswari, T., Akhirianto, P. M., & Widarman, A., 2023. The Application of End User Computing Satisfaction (EUCS) to Analyze the Satisfaction of MyPertamina User. Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, 78-83.
Sakinah, S., & Oktadini, N., 2023. Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap AplikasiDana Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi). https://doi.org/10.56327/jtksi.v6i2.1487.
Tangke, D. M., Musriha, H., & Huwae, F., 2024. Analisis Penggunaan Layanan M-Banking Dalam Mendukung Transaksi Keuangan Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi (JIMEA), 1(4), 160-166.
Wahyudi, T., 2023. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Digital Banking: Livin’By Mandiri. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 10(1), 509-525.
Waluyo, R., Latifa, K., Setiawan, i., 2021. Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keuangan Desa Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Purbalingga. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(3), 1638-16.
Ahmed, R., Ahmed, O., Pappel, I., & Draheim, D., 2022. E-Court System Evaluation through the User’s Perspective: Applying the End-User Computing Satisfaction (EUCS) Model. DG.O 2022: The 23rd Annual International Conference on Digital Government Research. https://doi.org/10.1145/3543434.3543560.
Alvin, A., & Saputri, N., 2019. Pengukuran Tingkat Kepuasaan Pengguna pada Portal Program Studi Sistem Informasi Bina Darma Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) (Doctoral dissertation, Universitas Bina Darma).
Arqoub, M., Ghanbaripour, A., Langston, C., & Skulmoski, G., 2023. Beyond Design and Delivery: Developing a Model To Measure End-User Satisfaction (Delight) in Projects. Built Environment Project and Asset Management. https://doi.org/10.1108/bepam-07-2022-0106.
Aulia, N., & Purmono, B. B., 2023. The Influence of E-Service Quality and Service Innovation on User Loyalty in the Livin'By Mandiri Application with User Satisfaction as an Mediating Variable (Study of Livin'By Mandiri Users in Pontianak City). JEMBA: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 1(3), 25-43.
Badan Pusat Statistik Indonesia., 2022. Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan komunikasi 2021. https://www.bps.go.id/id/publication/2022/09/30/5fe4f0dbccd96d07098c78d3/indeks-pembangunan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-2021.html
Bowoleksono, F. H. B., Kusumawardani, D. M., & Fathoni, M. Y., 2022. Evaluasi Kinerja Aplikasi PakBudi Terhadap Minat Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) pada Perguruan Tinggi Swasta. JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), 6(1), 13-22.
Chen, X., Liu, C., & Li, S., 2019. Electronic Commerce Research and Applications The Role of Supply Chain Finance in Improving the Competitive Advantage of Online Retailing Enterprises. Electronic Commerce Research and Applications, 33 (December 2018), 100821. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2018.100821
Debora, M., & Widiati, E., 2023. Minat Penggunaan Aplikasi Mybca Dalam Perspektif Model Tam. Management and Accounting Expose, 6(2).
Doll, W. J., & Torkzadeh, G., 1998. The Measurement of End-USer Computing Satisfaction. MIS Quarterly. 12(2), 259-274
Elgahwash, F., 2021. Management and Strategies for Customers Adoption of Mobile Banking Services., 215-234. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-8583-2.CH011.
Geebren, A., Jabbar, A., & Luo, M., 2021. Examining the role of consumer satisfaction within mobile eco-systems: Evidence from Mobile Banking Services. Computers in Human Behavior, 114, 106584. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106584
Hair, J., Anderson, R., Babin, B. dan Black, W., 2010, Multivariate Data Analysis. 7ed.
Jaafreh, A. B., 2017. Evaluation Information System Success: Applied DeLone and McLean Information System Success Model in Context Banking System in KSA. International Review of Management and Business Research.
Kristianti, M., & Pambudi, R., 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Tingkat Keamanan, dan Fitur Layanan Terhadap Penggunaan Mobile Banking pada Mahasiswa Di DKI Jakarta. , 11, 50-67. https://doi.org/10.25170/jara.v11i1.52.
Marwati, E., & Krisbiantoro, D., 2023. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Web Students Universitas Amikom Purwokerto Menggunakan Metode EUCS. Journal of Information System Management (JOISM), 4(2), 67-72.
Nafikov, R., 2022. Digitalization of the Banking System: Risks and Opportunities for Managing Financial Assets. Management Sciences. https://doi.org/10.26794/2304-022x-2022-12-3-39-52.
Nurhidayati, E., & Sukarno, G., 2023. Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Melalui Digitalisasi Jasa Perbankan “Digi By Bank Bjb” Guna Meningkatkan Loyalitas Dan Target Nasabah. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 309-315.
Oliver, R.L., 1999, “Whence Consumer Loyalty?” Journal of Marketing, Vol. 63, No. 4, pp. 33-44.
Prabawanti, R., & Sihombing, D. J. C., 2023. Analysis of Factors Affecting User Satisfaction of E-Commerce Applications Using End-User Computing Satisfaction (EUCS) Method. Journal of Information Systems and Informatics, 5(1), 324-332.
Pratomo, A. B., Harahap, M. A. K., Oswari, T., Akhirianto, P. M., & Widarman, A., 2023. The Application of End User Computing Satisfaction (EUCS) to Analyze the Satisfaction of MyPertamina User. Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi, 78-83.
Sakinah, S., & Oktadini, N., 2023. Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap AplikasiDana Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi). https://doi.org/10.56327/jtksi.v6i2.1487.
Tangke, D. M., Musriha, H., & Huwae, F., 2024. Analisis Penggunaan Layanan M-Banking Dalam Mendukung Transaksi Keuangan Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi (JIMEA), 1(4), 160-166.
Wahyudi, T., 2023. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Digital Banking: Livin’By Mandiri. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 10(1), 509-525.
Waluyo, R., Latifa, K., Setiawan, i., 2021. Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keuangan Desa Menggunakan Metode EUCS Di Kabupaten Purbalingga. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(3), 1638-16.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.