Analisis Sentimen Ulasan Pengguna dari Google Maps Menggunakan Metode Long-Short Term Memory (Studi Kasus: Rumah Sakit Gatoel)

Analisis Sentimen Ulasan Pengguna dari Google Maps Menggunakan Metode Long-Short Term Memory (Studi Kasus: Rumah Sakit Gatoel)

Penulis

  • Faiz Yahya Universitas Brawijaya
  • Dian Eka Ratnawati
  • Bayu Rahayudi

Kata Kunci:

Analisis Sentimen, Long-Short Term Memory, Rumah Sakit Gatoel, Root Cause Analysis

Abstrak

Di era digital yang terus berkembang, ulasan pengguna memainkan peran penting dalam membentuk persepsi terhadap fasilitas kesehatan, termasuk Rumah Sakit Gatoel. Ulasan dapat memberikan dampak positif maupun negatif, yang memengaruhi keputusan pengguna untuk mengunjungi kembali sebuah rumah sakit. Penelitian ini menganalisis 735 data ulasan Google Maps periode 2020–2024 untuk mengevaluasi kualitas layanan di Rumah Sakit Gatoel. Data ulasan tersebut diberi label dan kemudian dilakukan preprocessing yang menghasilkan 358 data positif dan 98 data negatif. Data yang tidak seimbang diatasi dengan teknik SMOTE untuk menyeimbangkan jumlah kelas. Teknik SMOTE menghasilkan 358 data positif dan 358 data negatif . Hasil data itu digunakan untuk melatih model Long Short-Term Memory (LSTM). Evaluasi model dilakukan menggunakan confusion matrix, menghasilkan kinerja yang memuaskan, dengan akurasi sebesar 96%, presisi 97%, recall 98%, dan f-measure 96%. Data ulasan divisualisasikan dalam bentuk Word Cloud untuk memberikan gambaran umum tentang sentimen pengguna. Analisis lanjutan dilakukan menggunakan teknik Root Cause Analysis (RCA) yang mengidentifikasi beberapa akar permasalahan utama, seperti keterbatasan kapasitas ruang perawatan akibat kurangnya dukungan finansial, kebutuhan modernisasi sistem administrasi, dan terbatasnya anggaran untuk perekrutan dan penggajian staf yang memadai. Dana operasional dan medis mendesak juga menjadi prioritas yang perlu diperhatikan. Hasil RCA memberikan rekomendasi strategis kepada stakeholder untuk meningkatkan kualitas layanan, yang mencakup perluasan kapasitas rumah sakit, peningkatan efisiensi administrasi, serta optimalisasi sumber daya manusia. Dengan implementasi yang tepat, Rumah Sakit Gatoel diharapkan dapat meningkatkan reputasi dan kualitas pelayanannya di masa mendatang.

Referensi

Asudani, Deepak Suresh, et al. “Impact of Word Embedding Models on Text Analytics in Deep Learning Environment: A Review.” Artificial Intelligence Review, vol. 56, no. 9, 22 Feb. 2023, pp. 10345–10425,

Filieri, R., & McLeay, F. (2013). E-WOM and Accommodation: An Analysis of the Factors That Influence Travelers’ Adoption of Information from Online Reviews. Journal of Travel Research, 53(1), 44–57.

Gunawan, B., Pratiwi, H. S., & Pratama, E. E. (2018). Sistem Analisis Sentimen Pada Ulasan produk Menggunakan metode naive Bayes. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 4(2), 113.

Hochreiter, S., & Schmidhuber, J. (1997). Long short-term memory. Neural Computation, 9(8), 1735–1780.

Isnain, A., Sulistiani, H., Hurohman, B., Nurkholis, A., & Styawati, S. (2022). Analisis Perbandingan algoritma LSTM dan Naive Bayes untuk Analisis Sentimen. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 8(2), 299.

Karkhanis, Alexa J., and Jon M. Thompson. “Improving the Effectiveness of Root Cause Analysis in Hospitals.” Hospital Topics, vol. 99, no. 1, 24 Sept. 2020, pp. 1–14.

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of online product reviews from a consumer’s perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5.

Oktaviana, N., Rustamaji, Heru C., Sofyan, H. (2021). Sentiment Analysis On Reviews of Beach Tourism Objects On Google Maps Using Long-Short Term Memory Method. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) 2021, 133-143.

Saraswati, T. (2019). Evaluasi dan Perbaikan Proses Bisnis dengan Quality Evaluation Framework (QEF), Root Cause Analysis (RCA), dan Teknik ESIA (Studi Kasus: Pelayanan pasien BPJS Rawat Jalan RSI Aisyiyah Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 4881–4890.

Yahyadi, A., Latifah, F. (2022). Analisis Sentimen Twitter Terhadap Kebijakan PPKM di Tengah Pandemi COVID-19 Menggunakan Mode LSTM. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 464-470. doi:10.52362/jisamar.v6i2.791.

Widayat, W. (2021). Analisis Sentimen Movie Review Menggunakan word2vec Dan Metode LSTM deep learning. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(3), 1018.

Unduhan

Diterbitkan

20 Jan 2025

Cara Mengutip

Yahya, F., Eka Ratnawati, D., & Rahayudi, B. (2025). Analisis Sentimen Ulasan Pengguna dari Google Maps Menggunakan Metode Long-Short Term Memory (Studi Kasus: Rumah Sakit Gatoel). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14717

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...