Evaluasi Usability Antarmuka Pengguna pada Aplikasi Mobile E-Open Disdukcapil Kota Bekasi Dengan Metode Usability Testing dan Heuristic Evaluation
Abstrak
Masuknya era digital dan teknologi pada saat ini dan dengan mengusung pemerintah Dilan (digital melayani), pemerintah Disdukcapil Kota Bekasi berupaya menerapkan E-Government dengan membuat sebuah aplikasi E-Open yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat Kota Bekasi dalam melakukan administrasi, pengaduan dan pencatatan sipil secara online. Namun pada saat peluncuran aplikasi tersebut mendapatkan rating rendah pada google playstore yaitu 2.1/5 dan ditemukan pada wawancara awal oleh peneliti ialah pengguna merasa bingung dalam mengoprasikannya seperti banyaknya menu yang tersedia dihalaman sebelum login dan bingung saat mencari formulir pendaftaran. Dengan permasalahan tersebut, perlu dilakukan evaluasi guna meningkatkan kepuasan pengguna dan memaksimalkan fungsi pada aplikasi E-Open. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengujian usability testing dengan 3 aspek efektivitas, efisiensi dan kepuasan pengguna kemudian validasi kepada evaluator dengan pendekatan heuristic evaluation untuk memastikan perbaikan yang dilakukan sudah baik atau belum. Hasil efektivitas terdapat 2 dari 5 respoden yang tidak melakukan tugasnya dengan baik, efisiensi 0,007 goals/sec, kepuasan dengan system usability (SUS) berada pada nilai 45,87%, grade E yaitu “POOR” not acceptable. Hasil validasi oleh evaluator belum baik, masih terdapat permasalahan yang ditemukan yaitu 11 masalah, kemudian semua permasalahan tersebut diperbaiki sesuai rekomendasi perbaikan oleh evaluator.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.