Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada SMK Negeri Wonosari Malang
Abstrak
SMK Negeri Wonosari Malang merupakan sekolah berbasis teknologi. Namun, sistem perpustakaan yang dilakukan masih dengan cara konvensional atau manual, yang tentu dilakukan dengan tulis tangan. Hal tersebut berpeluang menyebabkan terjadi kesalahan-kesalahan pada pencatatan dan juga tidak efisiennya kinerja petugas. Penelitian ini berfokus pada bagaimana hasil pembuatan sistem informasi perpustakaan berbasis website, serta tingkat keberhasilan sistem yang dibuat berdasarkan aspek usability. Pengembangan sistem informasi perpustakaan berbasis website menggunakan system development life cycle (SDLC) dengan metode pendekatan waterfall. Penilaian tingkat keberhasilan sistem yang dibuat dengan melakukan analisis pada aspek usability dengan menggunakan metode system usability scale (SUS). Hasil yang didapatkan, sistem berhasil dibangun dengan menggunakan dengan metode SDLC waterfall. Penilaian sistem menggunakan analisis dengan pendekatan system usability scale, dari 20 responden hasil rata-rata nilai sebesar 93,125. Nilai tersebut menempati peringkat A, dengan penerimaan acceptable, dan penilaian adjectives best imaginable, serta mendapatkan precentiles rank 99% dan NPS promoter.
Referensi
Agil Sakinah, F., Prima Aditiawan, F., & Lina Nurlaili, A. (2024). Pengujian Pada Aplikasi Manajemen Aset Menggunakan Black Box Testing. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 2814–2823. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9524
Al-farisi, S., Kirana, S., & Anggraeni, I. S. (2024). Perancangan Sistem Informasi Website Copia Dengan Menggunakan Pendekatan Agile. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 2(1).
Alexandra, J. (2019). Model-model diagram UML. binus.ac.id. https://sis.binus.ac.id/2019/05/15/model-model-diagram-uml/
Amalia, R. A. (2019). PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN. dkpus.babelprov.go.id. https://dkpus.babelprov.go.id/content/pengembangan-koleksi-perpustakaan
Anjelita, P., & Rosiska, E. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Learning Pada Smk Negeri 3 Batam. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 1(1), 132–141.
Anna, A. A. T. W. S. S. P. R. W. T. ariati; D. H. A. M. N. N. F. N. E. V. (2023). Peran Media Sosial Dalam Pendidikan.
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining what individual SUS scores mean; adding an adjective rating. Journal of usability studies, 4(3), 114–123.
Brooke, J. (1996). SUS-A quick and dirty usability scale. Redhatch Consulting Ltd., 189(194), 4–7. https://hell.meiert.org/core/pdf/sus.pdf
Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik UNISA Kuningan, 2(2). https://jurnal.unisa.ac.id/index.php/jft/article/view/83
Destriana, R., Husain, S. M., Handayani, N., & Siswanto, A. T. P. (2021). Diagram UML dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi kasus Aplikasi Bank Sampah.” Deepublish.
Agil Sakinah, F., Prima Aditiawan, F., & Lina Nurlaili, A. (2024). Pengujian Pada Aplikasi Manajemen Aset Menggunakan Black Box Testing. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 2814–2823. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9524
Al-farisi, S., Kirana, S., & Anggraeni, I. S. (2024). Perancangan Sistem Informasi Website Copia Dengan Menggunakan Pendekatan Agile. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 2(1).
Alexandra, J. (2019). Model-model diagram UML. binus.ac.id. https://sis.binus.ac.id/2019/05/15/model-model-diagram-uml/
Amalia, R. A. (2019). PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN. dkpus.babelprov.go.id. https://dkpus.babelprov.go.id/content/pengembangan-koleksi-perpustakaan
Anjelita, P., & Rosiska, E. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi E-Learning Pada Smk Negeri 3 Batam. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), 1(1), 132–141.
Anna, A. A. T. W. S. S. P. R. W. T. ariati; D. H. A. M. N. N. F. N. E. V. (2023). Peran Media Sosial Dalam Pendidikan.
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining what individual SUS scores mean; adding an adjective rating. Journal of usability studies, 4(3), 114–123.
Brooke, J. (1996). SUS-A quick and dirty usability scale. Redhatch Consulting Ltd., 189(194), 4–7. https://hell.meiert.org/core/pdf/sus.pdf
Cholik, C. A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik UNISA Kuningan, 2(2). https://jurnal.unisa.ac.id/index.php/jft/article/view/83
Destriana, R., Husain, S. M., Handayani, N., & Siswanto, A. T. P. (2021). Diagram UML dalam Membuat Aplikasi Android Firebase “Studi kasus Aplikasi Bank Sampah.” Deepublish.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.