Persepsi Peserta Didik pada Penggunaan PC Building Simulator Sebagai Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Materi Perakitan Komputer
Kata Kunci:
persepsi, pc building simulator, media pembelajaran, perakitan komputerAbstrak
Penelitian ini didasari pada keingintahuan peneliti terhadap bagaimana tentang persepsi peserta didik terhadap penggunaan PC Building Simulator. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik pada penggunaan PC Building Simulator sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran materi prakitan komputer Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode Kuantitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai persepsi peserta didik dalam penggunaan PC Building Simulator. Data dikumpulkan melalui hasil penyebaran kuisioner dan hasil dari data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa PC Building Simulator merupakan media pembelajaran yang efektif dan dapat dijadikan alternatif atau pelengkap dalam pembelajaran materi perakitan komputer di SMK PGRI 2 Malang. Penggunaan media ini tidak hanya membantu siswa dalam memahami konsep perakitan komputer, tetapi juga meminimalkan resiko kerusakan komputer secara fisik serta meningkatkan efisiensi waktu belajar dan kinerja siswa dalam praktik langsung.
Referensi
Abdallah, A. K. (2018). Parents Perception of E-Learning in Abu Dhabi Schools in United Arab Emirates. IJASOS- International E-Journal of Advances in Social Sciences, April, 30–41. https://doi.org/10.18769/ijasos.415513
Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 43-54.
Ahmad Susanto, M. P. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Prenada Media.
Amanah, S. N. A. (2020). BENTUK POLA ASUH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK. Al Naqdu, 1(1), 10-10.
Ardi, M. (2015). Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Siswa Dalam Belajar (Penelitian eksperimen di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Nanga Tebidah Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang).
Asrori, A. (2016). Contemporary religious education model on the challenge of Indonesian multiculturalism. Journal of Indonesian Islam, 10(2), 261-284.
Bolliger, Supawan & Christine. (2010). Impact of Podcasting on Student Motivation in The Online Learning Environment. Computers Education. 55: 714 – 722.
Copley, Jonathan. (2007). Audio and video podcast of lectures for campus-based student: production and evaluation of student use. Innovation in Education and Teaching International, 44 (4): 387 – 399
Desmita, T., Sahnan, M., & Tamrin, M. (2014). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRSDI SD NEGERI 06 DILAM KECAMATAN BUKIT SUNDI KABUPATEN SOLOK. JURNAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 3(2).
Dimyati, A. (2017). Pengembangan Model Permainan Atletik Anak Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lari Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di SLB Negeri Kabupaten Karawang. Journal Sport Area, 2(2), 19-26.
Djamarah, Aswan Zan. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S. B. (2015). Pendekatan dan Metode Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Haryono, H., Syaifudin, A., & Widiastuti, S. (2015). Evaluasi pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2).
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Indriastuti, F., & Saksono, W. T. (2014). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcasts As Audio-Based Learning Resources. Jurnal Teknodik, 304-314.
Kusumawardani, C. T., & Dimyati, D. (2021). Penerapan E-learning pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 622-630.
Kyriacou, C. (2011). Teacher stress: From prevalence to resilience. Handbook of stress in the occupations, 161-173.
Moenir. 2010. Masalah-Masalah dalam Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelaja
Mujiman, H. (2011). Manajemen pelatihan berbasis belajar mandiri.
Mulyantari, W. (2019). Studi Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar pada Mahasiswa Perantau Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.
Nurma. (2010). E-Modul P2M Universitas Sebelas Maret. http:// nurma staff.uns.ac.id
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Priana, R. Y. S. (2017, May). Pemanfaatan vlog sebagai media pembelajaran teritegrasi tekhnologi informasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).
RAHAYU, E. P., & SUPRIJONO, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 TARIK. Avatara, 8(2).
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. 7, 297–302.
Risnawati, R., Anshari, A., & Abidin, A. (2016). Pertentangan dan Kesadaran Kelas dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer (Pendekatan Teori Marxis). RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(1).
Rohiat, R., & Pd, M. (2010). Manajemen sekolah: Teori dasar dan praktik. Bandung: Refika Aditama.
Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Septiyaningsih, S. 2017. Pengaruh Aktivitas Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(3): 267–275.
Setiawan, A. R. (2019). Penggunaan Mabadi „Asyroh dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (pp. 158-164).
Sholihat, Rika Indriani. 2016. “Pengaruh Efektivitas Peraturan Sekolahdan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Disiplin Belajar Serta Implikasinya Pada Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Survey pada SMP Negeri klasifikasi SSN di Kabupaten Bandung Barat)”. Jurnal Pendidikan ISSN 1412-565 X.
Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori belajar dan pembelajaran.
Slameto, A. A., Utami, E., & Pangera, A. A. (2013). Penerapan Zachman Framework Dalam Merancang Sistempelaporan Kerusakan Komputer. Semnasteknomedia Online, 1(1), 17-27.
Sloan, D., Porter, E., Robins, K., & McCourt, K. (2014). Using e-learning to support international students’ dissertation preparation. Education+ Training.
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.
Song, L., Hill, J. R. 2007. A Conceptual Model for Understanding Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning, 6(1): 27-42.
Sudjana, N., & Rivai, A. (1989). Teknologi pengajaran.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rosdakarya, 2014
Sugandi, A. I. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikian, Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 171-180).
Suharyanto, & Mailangkay, adele B. L. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3, 17– 21. https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2016.02.001
Supriadi, M. (2014). Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa di Pondok Pesantren Al-Haniifiyyah Pedurenan Bekasi.
Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Susanto, T. A. A. (2015). Perbedaan Metode Latihan (Drill) Dan Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Futsal Pada Peserta
Ekstrakurikuler Di SMK Negeri 1 Lamongan Dan SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(2).
Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123.
Syah, A. D. B. (2012). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas iv Mata pelajaran ips materi perkembangan teknologi Melalui pembelajaran kooperatif model Cooperative integrated reading and Composition (circ) dengan media Gambar di sdn gambor Banyuwangi.
Syaodih, E. (2007). ENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL. Educare.
Ulomo, C. (2015). Hubungan Keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan perhatian orang tua dengan kemandirian belajar siswa di SD 1 Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Us, K. A., & Kompri, K. (2017). KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (Dahulu, Kini dan Masa Depan).
Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya.
Yulianto, B., Jannah, F., Nurhidayah, M., & Asteria, P. (2018, February). The implementation of school literacy movement in elementary school. In 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017) (pp. 43-46). Atlantis Press.
Yuliyantika, S. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja. e-journal Jurusan Pendidikan Ekonomi.
Yusiyaka, R. A., & Nuryadi, R. (2018). Pola Asuh Orang Tua Untuk Meningkatkan Disiplin Anak. Jurnal Obor Penmas, 1(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyanto, A., Putra, R., & Handayani, T. (2022). "Pengaruh Media Simulasi Berbasis Teknologi terhadap Hasil Belajar Siswa di Era Digital". Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(3), 189-200.
Suryadi, D., & Wahyuni, F. (2021). "Efektivitas Penggunaan Simulasi Komputer untuk Pembelajaran Praktik Perakitan Komputer". Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9(2), 123-132.
Abdallah, A. K. (2018). Parents Perception of E-Learning in Abu Dhabi Schools in United Arab Emirates. IJASOS- International E-Journal of Advances in Social Sciences, April, 30–41. https://doi.org/10.18769/ijasos.415513
Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 43-54.
Ahmad Susanto, M. P. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Prenada Media.
Amanah, S. N. A. (2020). BENTUK POLA ASUH ORANG TUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK. Al Naqdu, 1(1), 10-10.
Ardi, M. (2015). Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Siswa Dalam Belajar (Penelitian eksperimen di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Nanga Tebidah Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang).
Asrori, A. (2016). Contemporary religious education model on the challenge of Indonesian multiculturalism. Journal of Indonesian Islam, 10(2), 261-284.
Bolliger, Supawan & Christine. (2010). Impact of Podcasting on Student Motivation in The Online Learning Environment. Computers Education. 55: 714 – 722.
Copley, Jonathan. (2007). Audio and video podcast of lectures for campus-based student: production and evaluation of student use. Innovation in Education and Teaching International, 44 (4): 387 – 399
Desmita, T., Sahnan, M., & Tamrin, M. (2014). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRSDI SD NEGERI 06 DILAM KECAMATAN BUKIT SUNDI KABUPATEN SOLOK. JURNAL FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 3(2).
Dimyati, A. (2017). Pengembangan Model Permainan Atletik Anak Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lari Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di SLB Negeri Kabupaten Karawang. Journal Sport Area, 2(2), 19-26.
Djamarah, Aswan Zan. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S. B. (2015). Pendekatan dan Metode Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Haryono, H., Syaifudin, A., & Widiastuti, S. (2015). Evaluasi pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2).
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Indriastuti, F., & Saksono, W. T. (2014). Podcast Sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio Audio Podcasts As Audio-Based Learning Resources. Jurnal Teknodik, 304-314.
Kusumawardani, C. T., & Dimyati, D. (2021). Penerapan E-learning pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 622-630.
Kyriacou, C. (2011). Teacher stress: From prevalence to resilience. Handbook of stress in the occupations, 161-173.
Moenir. 2010. Masalah-Masalah dalam Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelaja
Mujiman, H. (2011). Manajemen pelatihan berbasis belajar mandiri.
Mulyantari, W. (2019). Studi Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar pada Mahasiswa Perantau Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.
Nurma. (2010). E-Modul P2M Universitas Sebelas Maret. http:// nurma staff.uns.ac.id
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Priana, R. Y. S. (2017, May). Pemanfaatan vlog sebagai media pembelajaran teritegrasi tekhnologi informasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).
RAHAYU, E. P., & SUPRIJONO, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 TARIK. Avatara, 8(2).
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. 7, 297–302.
Risnawati, R., Anshari, A., & Abidin, A. (2016). Pertentangan dan Kesadaran Kelas dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramoedya Ananta Toer (Pendekatan Teori Marxis). RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(1).
Rohiat, R., & Pd, M. (2010). Manajemen sekolah: Teori dasar dan praktik. Bandung: Refika Aditama.
Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan pembelajaran, Teori dan praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.
Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Septiyaningsih, S. 2017. Pengaruh Aktivitas Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(3): 267–275.
Setiawan, A. R. (2019). Penggunaan Mabadi „Asyroh dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (pp. 158-164).
Sholihat, Rika Indriani. 2016. “Pengaruh Efektivitas Peraturan Sekolahdan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Disiplin Belajar Serta Implikasinya Pada Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS (Survey pada SMP Negeri klasifikasi SSN di Kabupaten Bandung Barat)”. Jurnal Pendidikan ISSN 1412-565 X.
Siregar, E., & Nara, H. (2010). Teori belajar dan pembelajaran.
Slameto, A. A., Utami, E., & Pangera, A. A. (2013). Penerapan Zachman Framework Dalam Merancang Sistempelaporan Kerusakan Komputer. Semnasteknomedia Online, 1(1), 17-27.
Sloan, D., Porter, E., Robins, K., & McCourt, K. (2014). Using e-learning to support international students’ dissertation preparation. Education+ Training.
Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.
Song, L., Hill, J. R. 2007. A Conceptual Model for Understanding Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning, 6(1): 27-42.
Sudjana, N., & Rivai, A. (1989). Teknologi pengajaran.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Rosdakarya, 2014
Sugandi, A. I. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikian, Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 171-180).
Suharyanto, & Mailangkay, adele B. L. (2016). Penerapan E-Learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3, 17– 21. https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2016.02.001
Supriadi, M. (2014). Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa di Pondok Pesantren Al-Haniifiyyah Pedurenan Bekasi.
Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Susanto, T. A. A. (2015). Perbedaan Metode Latihan (Drill) Dan Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Futsal Pada Peserta
Ekstrakurikuler Di SMK Negeri 1 Lamongan Dan SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(2).
Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123.
Syah, A. D. B. (2012). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas iv Mata pelajaran ips materi perkembangan teknologi Melalui pembelajaran kooperatif model Cooperative integrated reading and Composition (circ) dengan media Gambar di sdn gambor Banyuwangi.
Syaodih, E. (2007). ENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL. Educare.
Ulomo, C. (2015). Hubungan Keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan perhatian orang tua dengan kemandirian belajar siswa di SD 1 Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Us, K. A., & Kompri, K. (2017). KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (Dahulu, Kini dan Masa Depan).
Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya.
Yulianto, B., Jannah, F., Nurhidayah, M., & Asteria, P. (2018, February). The implementation of school literacy movement in elementary school. In 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017) (pp. 43-46). Atlantis Press.
Yuliyantika, S. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin belajar siswa kelas X, XI, dan XII di SMA Bhakti Yasa Singaraja. e-journal Jurusan Pendidikan Ekonomi.
Yusiyaka, R. A., & Nuryadi, R. (2018). Pola Asuh Orang Tua Untuk Meningkatkan Disiplin Anak. Jurnal Obor Penmas, 1(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyanto, A., Putra, R., & Handayani, T. (2022). "Pengaruh Media Simulasi Berbasis Teknologi terhadap Hasil Belajar Siswa di Era Digital". Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(3), 189-200.
Suryadi, D., & Wahyuni, F. (2021). "Efektivitas Penggunaan Simulasi Komputer untuk Pembelajaran Praktik Perakitan Komputer". Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9(2), 123-132.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.