Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Topologi Jaringan

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Topologi Jaringan

Penulis

  • Muhammad Afton Ilman Huda Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

augmented reality, topologi jaringan, media pembelajaran, teknologi pendidikan, research and development

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran  berbasis augmented reality (AR) untuk pengenalan topologi jaringan komputer. Media ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep topologi jaringan, seperti bus, star, mesh, dan hierarchical, yang sering sulit dipahami melalui metode konvensional. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D), meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, validasi, hingga uji coba produk. Hasil pengujian menunjukkan tingkat validitas media pembelajaran pada aspek desain tampilan sebesar 90%, kejelasan informasi sebesar 88%, interaksi sebesar 92%, dan keseluruhan aspek sebesar 86%. Pengujian fungsional menunjukkan fungsi-fungsi pada media pembelajaran berjalan sesuai dengan yang dirancang sebelumnya serta pengujian non-fungsional memperlihatkan bahwa media pembelajaran kompatibel dengan berbagai versi android dan jenis smartphone. Namun, masih terbatas pada tahap prototipe dan validasi desain, sehingga diperlukan pengembangan lebih lanjut untuk implementasi lebih luas.

Referensi

Amanatidis, N. (2022). Augmented reality in Education and Educational Games Implementation and Evaluation: A Focused Literature Review. MODESTUM, 1(1), 1-11. Tersedia di <https://www.computersandchildren.com/download/augmented-reality-in-education-and-educational-games-implementation-and-evaluation-a-focused-11925.pdf> [Diakses 17 Desember 2024]

Haekal, Z. A., Suana, W., & Riyanda, A. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented reality Pada Materi Instalasi Jaringan Komputer. IKRAITH-INFORMATIKA, 6(1), 90-99. Tersedia di <https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/download/1454/1175> [Diakses 17 Desember 2024]

Rahayu, W. I., & Shafina, R. M. (2022). APLIKASI ANALISIS KELAYAKAN SISTEM UNTUK PENGUKURAN USABILITY DENGAN MENERAPKAN METODE USE QUESTIONNAIRE. Teknik Informatika, 14(3), 152-160. Tersedia di <https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/informatika/article/download/2441/1016> [Diakses 23 Desember 2024]

Romeo, S. (2003). TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM (Vol. 1). Surabaya: STIKOM.Tersedia di <https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/MATERI_KULIAH_IMPLEMENTASI_DAN_PENGUJIAN_SISTEM.pdf> [Diakses 23 Desember 2024]

Siregar, M. T. (2024). Pengaruh Penggunaan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Akhlakul Mahmudah dan Akhlakul Mazmumah. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2(2), 177-182. Tersedia di <https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jitk/article/download/785/526/2452>[Diakses 18 Desember 2024]

Sufina, S. Y., Supianto, A. A., & Brata, K. C. (2022, Oktober). RANCANG BANGUN APLIKASI MATHGEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIMENSI TIGA BERBASIS MOBILE. Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 9(5), 911-920. Tersedia di <https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/informatika/article/download/2441/1016> [Diakses 23 Desember 2024]

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: ALFABETA, CV. Tersedia di [Diakses 17 Desember 2024]

Supriyanto. (2013). JARINGAN DASAR 1 UNTUK SMK/MAK KELAS X (Vol. 1). (Kadek, Ed.) Malang: Kementerian Pendidikan & Kebudayaan. Tersedia di <https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/54468884/Kelas_10_SMK_Jaringan_Dasar_1.pdf?1505793877=&response-content-disposition=attachment%3B+filename%3DKelas_10_SMK_Jaringan_Dasar.pdf&Expires=1680467307&Signature=ItkMx9-Jzj4wAkrG5ETgN2GHxPt95rWMpMjPXmg6ONn-VnW> [Diakses 17 Desember 2024]

Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN EKONOMI. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2), 188-200. Tersedia di <https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/download/3295/2963> [Diakses 17 Desember 2024]

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. P., . . . Rogayah, N. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian (1 ed.). CV Science Techno Direct. Tersedia di <https://repository.binawan.ac.id/3303/1/Buku%20Ajar%20Metode%20Penelitian%20Full_compressed%20Highlighted.pdf> [Diakses 17 Desember 2024]

Yasmin, A. D., & Yoto. (2023). AR-Learning: Media pembelajaran berbasis Mobile dengan Visualisasi 3 Dimensi Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa (Vol. 12). Malang, Jawa Timur, Indonesia: Didaktika, Jurnal Kependidikan. Tersedia di <https://ssed.or.id/contents/article/download/296/211/> [Diakses 17 Desember 2024]

Unduhan

Diterbitkan

20 Jan 2025

Cara Mengutip

Afton Ilman Huda, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Topologi Jaringan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(5). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14742

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...