Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pemrograman Website Di SMKN 11 Malang
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa SMKN 11 Malang di kelas Pemrograman Website dipengaruhi oleh minat, motivasi, dan gaya belajar mereka. Permasalahn yang didapatkan menunjukkan bahwa minat, motivasi, dan gaya belajar siswa kurang diperhatikan oleh siswa. Akibatnya, siswa terus menunjukkan hasil belajar yang tidak maksimal. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metodologi survei dengan kuesioner yang diberikan kepada siswa. Populasi penelitian mencakup 86 responden dari siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Informasi mengenai faktor independen pembelajaran, motivasi belajar, dan gaya belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan data variabel dependen hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi hasil ujian tengah semester. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Dengan tingkat signifikansi 0,001, yang kurang dari 0,005, temuan menunjukkan bahwa minat belajar memiliki koefisien regresi sebesar 1,065. Oleh karena itu, Ho1 ditolak, yang menunjukkan bahwa ada dampak yang signifikan terhadap hasil pembelajaran. Pada tingkat signifikansi 0,221-lebih besar dari 0,005-koefisien motivasi belajar adalah -0,226. Karena tidak ada pengaruh yang terlihat pada hasil proses pembelajaran, Ho2 diterima. Tingkat signifikan sebesar 0,003, lebih rendah dari 0,005, dan koefisien sebesar 1,065 berhubungan dengan gaya belajar. Oleh karena itu, Ho3 ditolak dan disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil proses pembelajaran. Variabel independen menunjukkan tingkat signifikansi < 0,001 < 0,005, yang mengarah pada penolakan Ho4, yang mengindikasikan bahwa semua faktor independen secara simultal berpengaruh signifikan pada hasil pembelajaran.
Referensi
A.M., S. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education And Development, 8(2), 468–470.
Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.
Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS versi 19 (5th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamzah, A., & Muhlisraini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519
Puspa, S. D., Riyono, J., & Puspitasari, F. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 302–320.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289–302.
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1, 21–36.
Sholihah, A., & Kurniawan, R. Y. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 4(3).
Silitonga, E. A., & Magdalena, I. (2020). Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang. Pensa, 2(1), 17–22.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (19th Ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487
A.M., S. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education And Development, 8(2), 468–470.
Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.
Desi Pristiwanti, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, & Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS versi 19 (5th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamzah, A., & Muhlisraini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519
Puspa, S. D., Riyono, J., & Puspitasari, F. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 302–320.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289–302.
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1, 21–36.
Sholihah, A., & Kurniawan, R. Y. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe), 4(3).
Silitonga, E. A., & Magdalena, I. (2020). Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang. Pensa, 2(1), 17–22.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (19th Ed.). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.