Pengembangan Aplikasi Manajemen Pelanggan Divisi Sales Berbasis Mobile dengan Integrasi Layanan Google Maps (Studi Kasus: Dasarata Branch Malang)

Pengembangan Aplikasi Manajemen Pelanggan Divisi Sales Berbasis Mobile dengan Integrasi Layanan Google Maps (Studi Kasus: Dasarata Branch Malang)

Penulis

  • Aulia Heppy Cahya Sudjianto Universitas Brawijaya
  • Issa Arwani
  • Muhammad Aminul Akbar

Kata Kunci:

internet service provider (ISP), efisiensi, Android, Google Maps

Abstrak

Teknologi informasi memainkan peran penting dalam operasional perusahaan, termasuk industri Internet Service Provider (ISP) seperti Dasarata. Namun, divisi sales perusahaan Dasarata masih menghadapi kendala dalam melakukan manajemen pelanggan. Sistem yang digunakan bergantung pada Google Sheets dan aplikasi pihak ketiga yaitu Google Maps yang tidak terintegrasi dengan baik. Akibatnya, proses manajemen pelanggan seperti menambahkan data prospek, data closing, dan memperbarui status phase pelanggan closing menjadi lambat. Input data pelanggan prospek membutuhkan 120 detik, data pelanggan closing 210 detik, dan memperbarui status phase pelanggan closing 70 detik. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkan aplikasi berbasis mobile yang mampu mengintegrasikan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Waterfall
yang terdiri atas serangkaian proses linear mulai dari analisis kebutuhan hingga pengujian sistem. Kemudian pengumpulan dan analisis data dilakukan dengan metode pengujian User Acceptance Testing (UAT) dan uji waktu kinerja. Pengujian sistem menggunakan black box testing menunjukkan 16 kebutuhan fungsional valid (100%). Pengujian UAT mendapatkan rata-rata keseluruhan aspek 96,11% yang menunjukkan aplikasi sangat diterima oleh pengguna. Pengujian waktu kinerja menunjukkan bahwa durasi proses dengan metode lama yang semula 140.78 detik dapat disederhanakan menjadi 55.56 detik dengan menggunakan aplikasi. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi mampu meningkatkan efisiensi kerja divisi sales di lapangan.

Referensi

Chandra, A.K., Rahayudi, B. and Purnomo, W., 2024. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Point of Sales UMKM berbasis Mobile menggunakan Framework Flutter (Studi Kasus: PW Café). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, [online] 8(2). Available at: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13239>.

Hidayat, S., Silvanie, A., Aryanti, Rr. and Subekti, R., 2023. RANCANG BANGUN APLIKASI ANDROID UNTUK MENEMUKAN LOKASI UMKM TERDEKAT DENGAN GOOGLE MAP API DAN HAVERSINE DISTANCE. Jurnal Sistem Informasi dan Informatika (Simika), 6(2), pp.2622–6901.

Hutauruk, S.S., 2022. Implementasi Google Maps API Untuk Pencarian Nomor Trayek Angkutan Umum Terdekat Ke Lokasi Tujuan Di Kota Medan Berbasis Mobile Android Menggunakan Metode Dijkstra. Pelita Informatika: Informasi dan Informatika, 10(4), pp.123–128.

Martino, C. and Andry, J.F., 2020. TESTING APLIKASI BUSINESS ACTIVITY MONITORING PADA INTERNET SERVICE PROVIDER MENGGUNAKAN ISO 25010. Jurnal Teknoinfo, 14(1), pp.35–40. https://doi.org/10.33365/jti.v14i1.451.

Nurajizah, S., Ambarwati, N.A. and Muryani, S., 2020. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN INTERNET SERVICE PROVIDER TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), 6(3), pp.231–238.

Octa, A., 2019. Literature Review: Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Bengkel Resmi Menggunakan Sistem Manajemen Pelanggan Elektronik. JURNAL INFORMATIK, 15(1).

Pressman, R.S., 2001. Software Engineering: A Practicioner’s Approach. 5th ed. New York: McGraw-Hill.

Rosener, W.J., 2024. Comparative Analysis of Google Sheets and Microsoft Excel: A Discussion Case in Spreadsheet Software. Journal of Cases on Information Technology, 26(1), pp.1– 21. https://doi.org/10.4018/JCIT.351672.

Uminingsih, Ichsanudin, M.N., Yusuf, M. and Suraya, 2022. PENGUJIAN FUNGSIONAL PERANGKAT LUNAK SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN METODE BLACK BOX TESTING BAGI PEMULA INFO ARTIKEL ABSTRAK. STORAGE - Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer, 1(2), pp.1– 8. https://doi.org/10.55123.

Yakub, H., Daniawan, B., Wijaya, A. and Damayanti, L., 2024. Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Website Dengan Metode Pengujian User Acceptance Testing. JSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer, 2(2), pp.113–127. https://doi.org/10.53624/jsitik.v2i2.362.

Unduhan

Diterbitkan

20 Jan 2025

Cara Mengutip

Sudjianto, A. H. C., Arwani, I., & Akbar, M. A. (2025). Pengembangan Aplikasi Manajemen Pelanggan Divisi Sales Berbasis Mobile dengan Integrasi Layanan Google Maps (Studi Kasus: Dasarata Branch Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(5). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14755

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...