Persepsi Peserta Didik pada Penggunaan Aplikasi Canon Berbasis Web dalam Pembelajaran Materi Triangle Exposure
Kata Kunci:
persepsi, media pembelajaran, triangle exposure, aplikasi berbasis webAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Canon berbasis web dalam materi pembelajaran triangle exposure. Pembelajaran fotografi dasar dengan materi triangle exposure sering kali menemui beberapa kendala seperti terbatasnya peralatan yang dimiliki sekolah yaitu kamera sebagai sarana pembelajaran fotografi dasar dan tidak meratanya spesifikasi handphone yang dimiliki peserta didik sehingga spesifikasi kamera yang dimiliki handphone peserta didik berbeda-beda. Untuk mengatasi kendala tersebut, hadirlah sebuah aplikasi dari perusahaan Canon untuk memudahkan dalam mempelajari teknik fotografi terutama komposisi triangle exposure baik untuk pemula, umum, pelajar, bahkan profesional tanpa harus memiliki kamera dan hanya bermodalkan handphone dan koneksi internet saja.Jenis penelitian ini yaitu memanfaatkan penelitian kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X DKV (Desain Komunikasi Visual) SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 30 peserta didik dan menggunakan kuesioner sebagai teknik dalam
pengumpulan datanya kemudian di analisis dengan statistik deskriptif. Penelitian yang telah dilakukan tersebut menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Canon berbasis web dalam pembelajaran materi triangle exposure kelas X (sepuluh) Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK PGRI 2 Malang sebesar 100% dengan kategori positif.
Referensi
Andy Prasetyo, S. (2012). Panduan belajar Fotografi - Melukis Dengan Cahaya. Bengkel Sinema Indonesia.
Daryanto, D. (2016). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.
Dr. Shoffan Shoffa, S. M. (2023). Media Pembelajaran. Empat Pasaman Barat: CV. Afasa Pustaka.
Fahmi, D. (2020). Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Hendayana, R. (2016). Persepsi dan Adopsi Teknologi. Jakarta: IAARD PRESS.
KBBI. (-, - -). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring. Diambil kembali dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring:
M.Sahib Saleh, D. (2023). Media Pembelajaran. Purbalingga: Eureka Media Aksara
Andy Prasetyo, S. (2012). Panduan belajar Fotografi - Melukis Dengan Cahaya. Bengkel Sinema Indonesia.
Daryanto, D. (2016). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.
Dr. Shoffan Shoffa, S. M. (2023). Media Pembelajaran. Empat Pasaman Barat: CV. Afasa Pustaka.
Fahmi, D. (2020). Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Hendayana, R. (2016). Persepsi dan Adopsi Teknologi. Jakarta: IAARD PRESS.
KBBI. (-, - -). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring. Diambil kembali dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring:
M.Sahib Saleh, D. (2023). Media Pembelajaran. Purbalingga: Eureka Media Aksara
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.