Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook pada Materi Aplikasi Penjelajah Internet Mata Pelajaran Informatika Kelas X
Abstrak
Penggunaan teknologi dapat dimanfaatkan dalam menunjang pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis ditemukan permasalahan bahwa kurangnya sumber belajar yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis flipbook untuk mengetahui tingkat kesesuaian dan kepraktisan penggunaan e-modul berbasis flipbook. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Tahap awal penelitian analysis terhadap kegiatan pembelajaran, selanjutnya dilakukan design sesuai permasalahan yaitu penyusunan desain e-modul menggunakan Canva, kemudian tahap development yaitu pembuatan e-modul berbasis flipbook menggunakan Heyzine serta pengujian ahli media dan ahli materi, tahap selanjutnya adalah implementation yang dilakukan kepada peserta didik, dan tahapan terakhir yaitu evaluation dengan uji kepraktisan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil uji ahli media dan ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 83% dengan kategori valid. Hasil uji kepraktisan peserta didik memperoleh persentase nilai sebesar 91,54% yang didapatkan dari keseluruhan aspek kegrafikan, pembelajaran, dan kemudahan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis flipbook pada materi Aplikasi Penjelajah Internet telah sesuai dalam penggunaan media dan materi, serta dapat disimpulkan bahwa memberikan kepraktisan dan kemudahan peserta didik dalam pembelajaran.
Kata kunci: e-modul, model ADDIE, pembelajaran
Referensi
Asmi, A.R., B, A.N.D.S., C, H., 2018. Pengembangan E-modul Berbasis Flip Book Maker Materi Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwijaya. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 27, 1–10.
Awaluddin, R.F.D. & P, W., 2016, ‘PLC Untuk SMK Raden Patah Kota Mojokerto Rafiqul Fahmi Dian Awaluddin’, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3), 711–716.
Gusrianto, R., Rahmi, U., 2022. Pengembangan E-modul Pada Mata Pelajaran Informatika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Kelas VII SMP. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 11, 173–180. https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2
Okra, R., Novera, Y., 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal of Educational Studies 4, 121–134.
Tegeh, I.M., Jampel, I.N., Pudjawan, K., 2015. Model penelitian pengembangan. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Widiana, F.H. & Rosy, B., 2021, ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3728–3739.
Asmi, A.R., B, A.N.D.S., C, H., 2018. Pengembangan E-modul Berbasis Flip Book Maker Materi Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Mata Kuliah Pancasila MPK Universitas Sriwijaya. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 27, 1–10.
Awaluddin, R.F.D. & P, W., 2016, ‘PLC Untuk SMK Raden Patah Kota Mojokerto Rafiqul Fahmi Dian Awaluddin’, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3), 711–716.
Gusrianto, R., Rahmi, U., 2022. Pengembangan E-modul Pada Mata Pelajaran Informatika Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Kelas VII SMP. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 11, 173–180. https://doi.org/10.24036/jbmp.v11i2
Okra, R., Novera, Y., 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal of Educational Studies 4, 121–134.
Tegeh, I.M., Jampel, I.N., Pudjawan, K., 2015. Model penelitian pengembangan. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Widiana, F.H. & Rosy, B., 2021, ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3728–3739.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.