Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Jasa Haji dan Umrah Berbasis Website Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: PT Global Tour & Travel)

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Jasa Haji dan Umrah Berbasis Website Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: PT Global Tour & Travel)

Penulis

  • TSABITA MUTHIA AYU PRAMESTI UNIVERSITAS BRAWIJAYA
  • HERMAN TOLLE
  • BAYU PRIYAMBADHA

Kata Kunci:

Global Tour & Travel, user experience, website, design thinking, usability testing, user experience questionnaire

Abstrak

Proses pendaftaran Haji Plus dan Umrah pada Global Tour & Travel sebelumnya dilakukan secara manual dinilai kurang efisien dari segi waktu dan kemudahan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sistem pendaftaran online berbasis website dengan pendekatan user experience untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Sistem ini dirancang dengan menggunakan metode design thinking, yang mencakup tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengujian dilakukan dengan melibatkan 20 partisipan untuk mengukur tingkat penyelesaian (completion rate), efisiensi waktu (time-based efficiency), dan kepuasan pengguna melalui User Experience Questionnaire (UEQ).

Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan berhasil mencapai tingkat penyelesaian sebesar 99,16%, jauh di atas rata-rata 78% yang ditemukan dalam penelitian sebelumnya, menandakan efektivitas yang tinggi. Dalam hal efisiensi, sistem memperoleh nilai 0,105 goals/second pada perhitungan time-based efficiency (TBE), yang termasuk dalam kategori sangat cepat, dan 99,18% untuk overall relative efficiency (ORE), menunjukkan performa hampir optimal. Evaluasi kepuasan pengguna menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan skor excellent pada semua aspek kecuali Perspicuity, yang memperoleh skor Good. Adapun skor masing-masing aspek adalah Attractiveness 2.07, Perspicuity 1.94, Efficiency 2.19, Dependability 2.15, Stimulation 1.81, dan Novelty 2.08, yang mengindikasikan bahwa desain sistem yang diuji sangat menarik, mudah digunakan, efisien, dapat diandalkan, menyenangkan, dan inovatif.

Referensi

Aiyegbusi, O.L. (2020) Key methodological considerations for usability testing of electronic patient-reported outcome (ePRO) systems. Quality of Life Research, 29, hlm. 325-333.

Kementerian Agama Republik Indonesia (2024) Buku Paket Bimbingan Manasik Haji dan Umrah edisi 1445 H/2024.

Kementerian Agama Republik Indonesia (2024) 1,8 juta jemaah haji 2024, 63% dari Asia. Tersedia di: https://haji.kemenag.go.id/v5/detail/1-8-juta-jemaah-haji-2024-63-dari-asia-1#:~:text=Madinah%20(PHU)%2D%2DPemerintah%20Arab,dari%201%2C8%20juta%20orang (Diakses: 27 Agustus 2024).

Asniati, A.A.M. & Fourqoniah, F. (2023) Pengaruh User Interface (UI) dan User Experience (UX) Terhadap Minat Beli Ulang Akun Netflix. JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL, 2(4), hlm. 1645-1658.

Kurniawati, S. B., Supartini, S., Widyaswati, R. & Darmaningrum, K. (2024) 'Penerapan Design Thinking Dalam Mengidentifikasi Potensi Desa Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Desa', Solusi, 22(1), hlm. 68-83.

Lazuardi, M.L. & Sukoco, I. (2019) Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 2(1), hlm. 1-11.

Schrepp, M. (2023) User Experience Questionnaire Handbook. [Online] Tersedia di: https://www.ueq-online.org/Material/Handbook.pdf (Diakses: 26 Agustus 2024).

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), 2024. Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus. Tersedia di: https://bpkh.go.id/perbedaan-haji-furoda-dan-haji-plus/ [Diakses 6 Desember 2024].

Mortensen, D. (2020) Stage 1 in the Design Thinking Process: Empathise with Your Users. [Online] Interaction Design Foundation - IxDF. Tersedia di: https://www.interaction-design.org/literature/article/stage-1-in-the-design-thinking-process-empathise-with-your-users (Diakses: 26 Agustus 2024). .

Unduhan

Diterbitkan

23 Jan 2025

Cara Mengutip

AYU PRAMESTI, T. M., TOLLE, H., & PRIYAMBADHA, B. . (2025). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Jasa Haji dan Umrah Berbasis Website Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: PT Global Tour & Travel). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(5). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14788

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...