Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Ulang Mahasiswa pada Platform E-Learning dan Bootcamp IT
Kata Kunci:
kualitas informasi, kegunaan yang dirasakan, kemudahan penggunaan yang dirasakan, minat penggunaan ulang, e-learning, IT bootcampAbstrak
Kemajuan teknologi informasi telah mendorong upaya pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, contoh pemanfaatannya adalah munculnya layanan e-learning dan bootcamp IT. Saat ini, terdapat fenomena mahasiswa IT berminat menggunakan layanan tersebut. Mahasiswa menggunakan layanan ini untuk mengembangkan keterampilan IT yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh faktor-faktor kualitas informasi, kegunaan yang dirasakan, dan kemudahan penggunaan yang dirasakan terhadap minat penggunaan ulang mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) pada platform e-learning dan bootcamp IT. Analisis penelitian menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data purposive sampling. Data sampel sebanyak 98 yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan Generalized Linear Model (GLM) karena data tidak terdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui hanya variabel kegunaan yang dirasakan yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan ulang mahasiswa FILKOM UB pada platform e-learning dan bootcamp IT. Namun, variabel kualitas informasi dan kemudahan penggunaan yang dirasakan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan ulang mahasiswa FILKOM UB pada platform e-learning dan bootcamp IT. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa faktor kegunaan yang dirasakan, seperti fitur yang membantu mempelajari materi secara efektif dan efisien berperan signifikan dalam memengaruhi minat penggunaan ulang mahasiswa FILKOM UB pada platform e-learning dan bootcamp IT.
Referensi
Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R. and Sinclair, J., 2020. Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, [online] 102, pp.67–86. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004.
Biantong, J. and Krisnadi, I., 2020. Pengaruh IT Bootcamp Dalam Mencetak Tech Talent Di Era Industri 4.0 Di Indonesia. Academia.edu, p.10340.
Budi, A.D.A.S., Septiana, L. and Mahendra, B.E.P., 2024. Memahami Asumsi Klasik dalam Analisis Statistik: Sebuah Kajian Mendalam tentang Multikolinearitas, Heterokedastisitas, dan Autokorelasi dalam Penelitian. Jurnal Multidisiplin West Science, [online] 3(01), pp.01–11. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i01.878.
Burke, Q. and Bailey, C.S., 2019. Camp or College? In: Proceedings of the 50th ACM Technical Symposium on Computer Science Education,
SIGCSE ’19. [online] New York, NY, USA: Association for Computing Machinery. pp.345–350. https://doi.org/10.1145/3287324.3287373.
Freeze, R., Alshare, K., Lane, P. and Wen, J., 2010. IS Success Model in E-Learning Context Based on Students’ Perceptions. Journal of
Information Systems Education, 21.
Ghozali, I., 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Ed. 9 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Imandari, F., 2013. Pengaruh Persepsi Kemanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Berperilaku Dalam Penggunaan E-learning (Studi Pada Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 3(2).
Listiyono, H., Sunardi, S., Utomo, A. and Mariana, N., 2022. Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Learning Management System (LMS) Terhadap Niat Penggunaan E-Learning. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 11, pp.208–213. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1419.
Salloum, S., Alhamad, A.Q., Al-Emran, M., Monem, A. and Shaalan, K., 2019. Exploring Students’ Acceptance of E-Learning Through the Development of a Comprehensive Technology Acceptance Model. IEEE Access, PP, p.1. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2939467.
Satyawardhana, M.I., 2013. Pengaruh Pengalaman, Kesukarelaan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Menggunakan E-learning (Studi Kasus Pada Siswa Dan Siswi Kelas XI Man 3 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 5(1).
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, S. and Sulaiman, E.O.P., 2024. Penerimaan Teknologi Pendidikan Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Studi Kasus Pada Aplikasi Ruang Guru. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 7(1), pp.268–281.
To, N. and Ho, D., 2023. Factors Influencing the Intention to Continue Online Learning of Students at Tra Vinh University in Vietnam. Journal of Development and Integration, pp.110–124. https://doi.org/10.61602/jdi.2023.73.13.
Vululleh, P., 2018. Determinants of students’ e-learning acceptance in developing countries: An approach based on Structural Equation Modeling (SEM). International Journal of Education and Development using ICT, [online] 14, pp.141–151. Available at: <https://api.semanticscholar.org/CorpusID:62829753>.
Yang, H., 2024. Factors Impacting College Student Satisfaction, Perceived Usefulness, and Continuance Intention with E-learning in Dezhou, China. Scholar: Human Sciences, [online] 16(1), pp.171–180. https://doi.org/10.14456/shserj.2024.18.
Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R. and Sinclair, J., 2020. Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, [online] 102, pp.67–86. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004.
Biantong, J. and Krisnadi, I., 2020. Pengaruh IT Bootcamp Dalam Mencetak Tech Talent Di Era Industri 4.0 Di Indonesia. Academia.edu, p.10340.
Budi, A.D.A.S., Septiana, L. and Mahendra, B.E.P., 2024. Memahami Asumsi Klasik dalam Analisis Statistik: Sebuah Kajian Mendalam tentang Multikolinearitas, Heterokedastisitas, dan Autokorelasi dalam Penelitian. Jurnal Multidisiplin West Science, [online] 3(01), pp.01–11. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i01.878.
Burke, Q. and Bailey, C.S., 2019. Camp or College? In: Proceedings of the 50th ACM Technical Symposium on Computer Science Education,
SIGCSE ’19. [online] New York, NY, USA: Association for Computing Machinery. pp.345–350. https://doi.org/10.1145/3287324.3287373.
Freeze, R., Alshare, K., Lane, P. and Wen, J., 2010. IS Success Model in E-Learning Context Based on Students’ Perceptions. Journal of
Information Systems Education, 21.
Ghozali, I., 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Ed. 9 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Imandari, F., 2013. Pengaruh Persepsi Kemanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Berperilaku Dalam Penggunaan E-learning (Studi Pada Dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 3(2).
Listiyono, H., Sunardi, S., Utomo, A. and Mariana, N., 2022. Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Learning Management System (LMS) Terhadap Niat Penggunaan E-Learning. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 11, pp.208–213. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1419.
Salloum, S., Alhamad, A.Q., Al-Emran, M., Monem, A. and Shaalan, K., 2019. Exploring Students’ Acceptance of E-Learning Through the Development of a Comprehensive Technology Acceptance Model. IEEE Access, PP, p.1. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2939467.
Satyawardhana, M.I., 2013. Pengaruh Pengalaman, Kesukarelaan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Minat Menggunakan E-learning (Studi Kasus Pada Siswa Dan Siswi Kelas XI Man 3 Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 5(1).
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, S. and Sulaiman, E.O.P., 2024. Penerimaan Teknologi Pendidikan Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Studi Kasus Pada Aplikasi Ruang Guru. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 7(1), pp.268–281.
To, N. and Ho, D., 2023. Factors Influencing the Intention to Continue Online Learning of Students at Tra Vinh University in Vietnam. Journal of Development and Integration, pp.110–124. https://doi.org/10.61602/jdi.2023.73.13.
Vululleh, P., 2018. Determinants of students’ e-learning acceptance in developing countries: An approach based on Structural Equation Modeling (SEM). International Journal of Education and Development using ICT, [online] 14, pp.141–151. Available at: <https://api.semanticscholar.org/CorpusID:62829753>.
Yang, H., 2024. Factors Impacting College Student Satisfaction, Perceived Usefulness, and Continuance Intention with E-learning in Dezhou, China. Scholar: Human Sciences, [online] 16(1), pp.171–180. https://doi.org/10.14456/shserj.2024.18.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.