Pengaruh Metode Problem-based Learning Berbantuan Github dan ChatGPT terhadap Hasil Belajar dan Computational Thinking Skill Siswa

Pengaruh Metode Problem-based Learning Berbantuan Github dan ChatGPT terhadap Hasil Belajar dan Computational Thinking Skill Siswa

Penulis

  • Tuffahati Sholihah Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang
  • Satrio Hadi Wijoyo

Kata Kunci:

Keterampilan Berpikir Komputasi, Sekolah Menengah Kejuruan, Pemrograman Web, ChatGPT, GitHub, Problem-based Learning

Abstrak

Kemajuan teknologi menuntut perubahan dalam pendidikan, termasuk pengembangan computational thinking skills yang menekankan kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi (HOTS). Namun, pembelajaran di sekolah, terutama dalam sains, masih kurang mengembangkan keterampilan ini. Penelitian ini menganalisis pengaruh metode Problem-Based Learning (PBL) berbantuan GitHub dan ChatGPT terhadap hasil belajar dan computational thinking skills siswa SMKN 5 Malang, menggunakan desain weak experimental dengan static group pre-test and post-test design. Sampel terdiri dari 42 siswa, terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL berbantuan GitHub dan ChatGPT tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif (p = 0,299) dan psikomotorik (p = 0,079), tetapi memiliki pengaruh sedang terhadap computational thinking skills (p = 0,025). Penelitian ini merekomendasikan penerapan pendekatan serupa pada mata pelajaran lain dengan penyederhanaan cakupan materi. 

Unduhan

Diterbitkan

17 Feb 2025

Cara Mengutip

Sholihah, T., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2025). Pengaruh Metode Problem-based Learning Berbantuan Github dan ChatGPT terhadap Hasil Belajar dan Computational Thinking Skill Siswa . Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(5). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14833

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...