Pengaruh Metode Problem-based Learning Berbantuan Github dan ChatGPT terhadap Hasil Belajar dan Computational Thinking Skill Siswa
Kata Kunci:
Keterampilan Berpikir Komputasi, Sekolah Menengah Kejuruan, Pemrograman Web, ChatGPT, GitHub, Problem-based LearningAbstrak
Kemajuan teknologi menuntut perubahan dalam pendidikan, termasuk pengembangan computational thinking skills yang menekankan kemampuan siswa dalam berpikir tingkat tinggi (HOTS). Namun, pembelajaran di sekolah, terutama dalam sains, masih kurang mengembangkan keterampilan ini. Penelitian ini menganalisis pengaruh metode Problem-Based Learning (PBL) berbantuan GitHub dan ChatGPT terhadap hasil belajar dan computational thinking skills siswa SMKN 5 Malang, menggunakan desain weak experimental dengan static group pre-test and post-test design. Sampel terdiri dari 42 siswa, terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL berbantuan GitHub dan ChatGPT tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif (p = 0,299) dan psikomotorik (p = 0,079), tetapi memiliki pengaruh sedang terhadap computational thinking skills (p = 0,025). Penelitian ini merekomendasikan penerapan pendekatan serupa pada mata pelajaran lain dengan penyederhanaan cakupan materi.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.