Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan Pada Layanan Pengurusan Paspor Berbasis Digital Menggunakan Pengujian Usability

Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan Pada Layanan Pengurusan Paspor Berbasis Digital Menggunakan Pengujian Usability

Penulis

  • Naufal Ammar Rauf Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda2 Fakultas Ilmu Komputer
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer

Kata Kunci:

M-Paspor, Usability Testing, Pengalaman Pengguna, Rekomendasi Perbaikan

Abstrak

M-Paspor adalah aplikasi mobile resmi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan paspor. Namun, ulasan pengguna mengungkapkan berbagai kendala yang memengaruhi pengalaman pengguna, seperti alur pengajuan yang menyulitkan, tidak adanya tindakan preventif agar data pengajuan tidak hilang, informasi pengurusan paspor yang tidak jelas, dan lain-lain. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi usability pada layanan pengurusan paspor berbasis digital melalui M-Paspor, serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Metodologi yang digunakan yaitu usability testing dengan pendekatan pengujian task skenario, retrospective think aloud (RTA), serta wawancara mendalam. Data yang diperoleh dari pengujian task skenario dianalisis berdasarkan aspek usability, yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Sementara data temuan masalah dari pengujian retrospective think aloud dan wawancara dilakukan analisis akar masalah dengan root cause analysis. Hasil pengujian menunjukkan pada aspek efektivitas rata-rata completion rate sebesar 82,22%, aspek efisiensi dengan time-based efficiency sebesar 0,5163 goals/detik, dan overall relative efficiency sebesar 78,16%. Sementara pada aspek satisfaction dengan kuesioner SUS menghasilkan skor 34,5 yang masuk dalam kategori not acceptable. Berdasarkan retrospective think aloud dan wawancara, ditemukan 41 masalah, diantaranya 33 masalah usability dan 8 masalah layanan. Rekomendasi perbaikan dilakukan untuk mengatasi permasalahan, diantaranya terdapat 5 rekomendasi perbaikan untuk permasalahan layanan dan 33 untuk permasalahan usability aplikasi M-Paspor. Perbaikan antarmuka dilakukan pengujian validasi untuk memastikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan menyelesaikan permasalahan pengguna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa rekomendasi perbaikan telah berhasil memenuhi kebutuhan pengguna dan menyelesaikan permasalahan, sekaligus meningkatkan pengalaman keseluruhan dalam menggunakan aplikasi M-Paspor.

Referensi

Bengkalis, H.K.I., t.t. Aplikasi Pendaftaran Paspor Online M-Paspor. Situs Resmi Imigrasi Bengkalis. [online] Tersedia di: https://bengkalis.imigrasi.go.id/fasilitas/aplikasi-pendaftaran-antrian-paspor-online/ [Diakses 26 Agustus 2024].

Siagian, V.O., 2022. Efektivitas Pelaksanaan Program M-Paspor Dalam Pelayanan Pengurusan Paspor Kepada Masyarakat Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan.

Direktorat Jenderal Imigrasi, 2018. Direktorat Sistem dan Teknologi Keimigrasian Membantu Meningkatkan Pelayanan Masyarakat di Bidang Keimigrasian. Majalah Keimigrasian Bhumipura, VI, hlm. 40.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Bengkalis, 2024. Jumlah Penerbitan Paspor Tahun 2023 Meningkat. [online] Tersedia di: https://bengkalis.imigrasi.go.id/2024/01/05/jumlah-penerbitan-paspor-tahun-2023-meningkat/ [Diakses 26 Agustus 2024].

ISO 9241:11, 1998. Guidance on usability. Ergonomic requirements for office work with visual display terminals (VDTs), hlm. 1–21.

Nielsen, J., 1994. Enhancing the Explanatory Power of Usability Heuristics. Human Factors in Computing Systems, hlm. 152–158.

Nielsen, J., 2012. Usability 101: Introduction to Usability. Nielsen Norman Group. [online] Tersedia di: https://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/ [Diakses 30 Agustus 2024].

Brooke, J., 1995. SUS: A quick and dirty usability scale. Usability Evaluation in Industry, hlm. 189.

Brooke, J., 2013. SUS: A retrospective. Journal of Usability Studies, 8, hlm. 29–40.

Sauro, J., 2018. 5 Ways to Interpret a SUS Score. MeasuringU. [online] Tersedia di: https://measuringu.com/interpret-sus-score/ [Diakses 18 September 2024].

Cardello, J., 2016. Best Practices for Prototyping Websites. Webflow Blog. [online] Tersedia di: https://webflow.com/blog/best-practices-for-prototyping-websites [Diakses 18 September 2024].

Bruton, L., 2022. A Complete Guide to Prototyping—UX Design Institute. [online] Tersedia di: https://www.uxdesigninstitute.com/blog/prototyping-guide/ [Diakses 30 Agustus 2024].

Faisal, S., 2023. Preference Testing: A Step-By-Step Guide. Thoughts about Product Adoption, Pengguna Onboarding and Good UX. [online] Tersedia di: https://penggunapilot.com/blog/preference-testing/ [Diakses 30 Agustus 2024].

Material Design, t.t. Material Design. [online] Tersedia di: https://m2.material.io/design/introduction [Diakses 30 Agustus 2024].

Interaction Design Foundation - IxDF, 2016. What are Wireframes? [online] Tersedia di: https://www.interaction-design.org/literature/topics/wireframe [Diakses 30 Agustus 2024].

Unduhan

Diterbitkan

09 May 2025

Cara Mengutip

Naufal Ammar Rauf, Ismiarta Aknuranda2, & Muslimah Az-Zahra, H. (2025). Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan Pada Layanan Pengurusan Paspor Berbasis Digital Menggunakan Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(5). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14858

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...