Evaluasi dan Perbaikan Desain Aplikasi BIMA Mobile Berdasarkan Konsep Usability dan Functional Suitability

Evaluasi dan Perbaikan Desain Aplikasi BIMA Mobile Berdasarkan Konsep Usability dan Functional Suitability

Penulis

  • Dita Nisa Al Rizqi Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Universitas Brawijaya
  • Alfi Nur Rusydi Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Evaluasi, Usability, Functional Suitability, Mobile Banking, HCD

Abstrak

BIMA Mobile merupakan aplikasi layanan mobile banking yang dimiliki oleh Bank Jateng, BIMA Mobile memiliki berbagai banyak fitur dan mudah digunakan bagi para pengguna dalam melakukan aktivitas transaksi seperti melakukan transfer, pembayaran tagihan, informasi saldo, dan masih banyak lagi. Tetapi, dari hasil observasi yang dilakukan terlihat bahwa aplikasi BIMA Mobile terdapat beberapa kendala pada antarmuka pengguna, termasuk sulitnya untuk melakukan top-up e-wallet dan terdapat keterbatasan dalam menggunakan fitur menu kredit pinjaman. Penelitian akan berfokus pada evaluasi dan perbaikan antarmuka pengguna (UI) dari aplikasi BIMA Mobile, evaluasi dan perbaikan akan dilakukan menggunakan prinsip usability dan functional suitability. Tujuan dari penelitian ini ialah mengindentifikasi masalah usability, seperti efektifitas, efisiensi, dan kepuasan dari pengguna, serta kesesuaian fungsi yang ditawarkan oleh aplikasi BIMA Mobile terhadap pengguna. Penelitian dilakukan menggunakan metode usability testing dengan menggunakan pendekatan ISO 9241-11 untuk mengukur bagaimana efektifitas , efisiensi, dan kepuasan pengguna. Serta, pengujian functional suitability untuk mengukur bagaimana kelengkapan dan kesesuaian fungsi aplikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan terhadap effectiveness dari 52% menjadi 100%, aspek efficiency dari 0,03 goals/sec menjadi 0,006 goals/sec, Kemudian terjadi penurunan aspek error dari 53% menjadi 10%, peningkatan aspek satisfaction dari 63,625 menjadi 86,125 serta nilai rata-rata feature completeness sebesar 95%.

Kata kunci: Evaluasi, Functional Suitability, Human-Centered Design, Mobile Banking,Usability Testing.

Referensi

Buana, W., & Sari, B. N. (2022). Analisis User Interface Meningkatkan Pengalaman Pengguna Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Course. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 5(2), 91–97.

Farouqi, M. I., Aknuranda, I., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Usability pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 3110–3117.

Jeff Sauro, P. (2011, February 3). Measuring Usability with the System Usability Scale (SUS). Measuring U.

Kusumawardhana, I. M. H., Wardani, N. H., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Evaluasi usability pada aplikasi BNI mobile banking dengan menggunakan metode usability testing dan system usability scale (SUS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(8), 7708–7716.

Wibawa, D. S., Mursityo, Y. T., & Rokhmawati, R. I. (2019). Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Malang Menyapa Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(11), 10427–10434.

Wulantari, I. G. P., Wirdiani, N. K., & Buana, P. (2021). Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT.X). JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 2(3), 459–470. https://doi.org/10.24843/JTRTI.2021.v02.i03.p05

Unduhan

Diterbitkan

09 May 2025

Cara Mengutip

Nisa Al Rizqi, D., Aknuranda, I. ., & Nur Rusydi, A. (2025). Evaluasi dan Perbaikan Desain Aplikasi BIMA Mobile Berdasarkan Konsep Usability dan Functional Suitability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(5). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14867

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...