Evaluasi Kualitas Layanan Informasi Website Universitas Brawijaya Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Model E-S-Qual dan E-Recs-Qual
Kata Kunci:
E-S-Qual, E-Recs-Qual, Structural Equation Modelling (SEM), ISO/IEC 9126, Kepuasan PenggunaAbstrak
Layanan informasi website Universitas Brawijaya merupakan aspek penting bagi Universitas Brawijaya dalam menyediakan informasi kepada penggunanya. Konsep kualitas layanan informasi yang baik dan sesuai kebutuhan pengguna akan memengaruhi kepuasan pengguna dan Perceived Value. Penelitian ini menggunakan model konseptual dari E-S-Qual dan E-Recs-Qual untuk mengukur kualitas layanan informasi website Universitas Brawijaya dan mengetahui pengaruh model tersebut terhadap kepuasan pengguna dan Perceived Value. Pengukuran kualitas layanan informasi website Universitas Brawijaya menggunakan 8 variabel dari E-S-Qual dan E-Recs-Qual diantaranya Efficiency, System Availability, Privacy, Fulfillment, Web Appearance, Personalization, Responsiveness, dan Contact. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi dengan menggunakan standard ISO/IEC 9126. Penelitian ini menggunakan populasi dari mahasiswa Universitas Brawijaya dengan sampel sebanyak 310 data. Metode pengambilan data penelitian ini yakni dengan penyebaran kuesioner terhadap responden. Teknik analisis korelasi dan kekuatan korelasi antara variabel laten atau konstruk menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel System Availability dan Contact merupakan variabel yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dan perceived value disebabkan variabel tersebut menghasilkan nilai critical ratio kurang dari 1,96 pada tahapan structural model fit.