Analisis Pengaruh Harga, Persepsi Ukuran, Persepsi Reputasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen Dalam Menggunakan Transportasi Online (Studi Kasus : GO-JEK Indonesia)
Kata Kunci:
GO-JEK, Kepercayaan Konsumen, Persepsi, Harga, Kualitas Layanan, Regresi Linier BergandaAbstrak
GO-JEK Indonesia merupakan transportasi berbasis online dengan pengguna paling banyak di Indonesia dengan persentase sebesar 21,6 %. Konsumen memiliki kepercayan lebih terhadap GO-JEK daripada jasa transportasi yang lain. Salah satu hal yang dipertimbangkan dalam memilih sebuah produk atau layanan adalah harga. Selain itu terdapat persepsi ukuran , persepsi reputasi, dan kualitas layanan yang dianggap memiliki pengaruh positif terhadap kepercayan konsumen GO-JEK. Permasalahan yang ada yaitu belum diketahui pengaruh antara harga, persepsi ukuran, persepsi reputasi dan kualitas layanan dengan kepercayaan. Selain itu, belum diketahui variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap kepercayaan. Regresi linier berganda digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut. Data primer didapatkan dari kuisioner yang disebarkan secara online. Uji F dan uji T dilakukan untuk mengtahui pengaruh hubungan secara bersama dan secara parsial antar variabel harga, persepsi ukuran, persepsi reptasi,dan kualitas layanan dengan kepercayaan. Hasil penelitian ini menunjukkan harga dan persepsi reputasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Sedangkan persepsi ukuran dan kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Kualitas layanan memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepercayaan. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini berkontribusi sebesar 68,4% terhadap kepercayaan konsumen GO-JEK.