Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Mobile Penjualan Tiket Online
Kata Kunci:
mobile ticketing, quick ux, evaluasi pengalaman pengguna, objektif, subjektif, evaluasiAbstrak
Aplikasi mobile ticketing adalah suatu terobosan dari instansi transportasi maupun e-commerce untuk mempermudah akses pengguna transportasi yang ingin melakukan transaksi tanpa harus datang ke tempat pelayanan tiket. Dalam penggunaan aplikasi mobile-ticketing, seringkali beberapa aplikasi tidak menggunakan tool yang sesuai, seperti fitur yang ditawarkan tidak bergungsi dengan baik, informasi tambahan seperti airport tax, dan informasi bagasi terkadang tidak tercantum di beberapa aplikasi mobile-ticketing, hal itu menjadi pertimbangan untuk pengguna dalam menggunakan aplikasi mobile-ticketing.
pada evaluasi subjektif, nilai dari parameter usefulness, usability, dan desireability diakumulasi, dari hasil akumulasi, Mobile-Ticketing Traveloka mempunyai nilai tertinggi dibandingkan dengan tiket.com. Berdasarkan hasil evaluasi objektif dari parameter task completed dan error during task performance, dapat disimpulkan bahwa kedua aplikasi sudah efektif untuk digunakan, tidak ditemukan kesalahan saat menggunakan aplikasi, dan semua tugas berjalan dengan baik. Untuk tingkat efisien, nilai global geo mean parameter time per completed task dan number of clicks during task completion diakumulasi. Berdasarkan hasil evaluasi, aplikasi mobile-ticketing Traveloka mempunyai waktu terpendek dan jumlah klik yang cukup, sehingga bisa disimpulkan bahwa aplikasi mobile ticketing Traveloka lebih efisien digunakan dibandingkan dengan aplikasi tiket.com.