Aplikasi Penentuan Lokasi untuk Usaha Lapangan Futsal di Kecamatan Bangil Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Aplikasi Penentuan Lokasi untuk Usaha Lapangan Futsal di Kecamatan Bangil Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Penulis

  • Muhammad Alfian Nuris Shobah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Edy Santoso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Sutrisno Sutrisno Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Usaha, Lapangan Futsal, Fuzzy Tsukamoto

Abstrak

Sistem ini dibuat dengan tujuan membantu memprediksi hasil usaha lapangan futsal di Kecamatan Bangil. Dalam membuka usaha lapangan futsal memiliki input pesaing, jumlah penduduk, fasilitas, ukuran lapangan. Dan sistem ini menghasilkan sebuah output stratifikasi peluang usaha, yaitu kelurahan yang cocok untuk membuka lapangan futsal. Sistem ini diproses dengan menggunakan logika fuzzy dengan penalaran metode Tsukamoto. Tujuan aplikasi yang dibuat dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan yaitu mampu membantu menyelesaikan permasalahan yang timbul dan sulit untuk di pecahkan dikarenakan sebuah ketidakpastian yang sangat tipis perbedaannya. Dari data yang didapat akan dilakukan sebuah perhitungan fuzzy tsukamoto yang menghasilkan sebuah output untuk dapat memprediksi keadaan yang akan terjadi dari inputan-inputan yang mempengaruhi.Dari hasil pengujian sistem pengambilan keputusan penentuan lokasi yang tepat untuk membuka lapangan futsal di Kecematan Bangil dengan metode Tsukamoto terhadap 7 lapangan futsal beberapa lapangan sudah tepat memilih lokasi, akan tetapi sebagian masih belum.

Unduhan

Diterbitkan

14 Sep 2017

Cara Mengutip

Shobah, M. A. N., Santoso, E., & Sutrisno, S. (2017). Aplikasi Penentuan Lokasi untuk Usaha Lapangan Futsal di Kecamatan Bangil Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(7), 2465–2470. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1613

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...