Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan dan Resiko pada Niat Perilaku Konsumen Dalam Bertransaksi Menggunakan Online Ticket Agent XYZ
Kata Kunci:
E-Commerce, Online Ticket Agent XYZ , Trus, Risk, Intention, Partial Least Square.Abstrak
E-Commerce merupakan kegiatan transaksi bisnis yang dilakukan dengan memanfaat teknologi jaringan internet atau biasa disebut transaksi online. Saat ini industri penjualan tiket atau agen travel juga memanfaatkan transaksi penjualan secara online. Salah satu perusahaan di Indonesia yang juga memanfaatkan transaksi bisnis online yaitu Online Ticket Agent XYZ. Online Ticket Agent XYZ merupakan salah satu situs e-commerce dalam bidang penjualan tiket atau agen travel terbesar di Indonesia. Meskipun transaksi secara online semakin diminati, model transaksi seperti ini tidak selalu aman bahkan rentan terhadap tindakan penipuan. Telah ada beberapa laporan konsumen Online Ticket Agent XYZ yang merasa dirugikan saat bertransaksi menggunakan situs tersebut, hal seperti ini dapat memengaruhi kepercayaan konsumen untuk melakukan transaksi menggunakan situs Online Ticket Agent XYZ. Penelitian ini mengusulkan model yang didasarkan dari tiga jurnal penelitian sebelumnya terdiri dari 16 variabel. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu Partial Least Square (PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen (Consumer Trust) dan resiko yang dirasakan konsumen (Perceived Risk) memengaruhi niat konsumen untuk bertransaksi (Intention to Purchase) menggunakan situs Online Ticket Agent XYZ.