Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Nilai Kelulusan Siswa Sekolah Menengah Berdasarkan Faktor Eksternal

Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Nilai Kelulusan Siswa Sekolah Menengah Berdasarkan Faktor Eksternal

Penulis

  • Rizky Haqmanullah Pambudi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Budi Darma Setiawan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Indriati Indriati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

data mining, decision tree, algoritma c4.5, prediksi, siswa sekolah menengah

Abstrak

Pendidikan dalam kehidupan suatu negara memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa. Statistik menunjukkan bahwa tingkat pendidikan Portugal berada di peringkat terbawah yang disebabkan banyak siswa yang putus sekolah. Faktor eksternal berpengaruh pada kegagalan siswa dalam menyelesaikan bidang studi khususnya bidang studi matematika. Algoritma C4.5 merupakan salah satu metode data mining untuk memprediksi kemampuan siswa dalam menyelesaikan bidang studi dilihat dari faktor eksternal siswa. Algoritma C4.5 digunakan untuk mengetahui tingkat akurasi prediksi kemampuan siswa sekolah menengah. Parameter pemilihan fitur adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa sekolah menengah dalam bidang studi matematika. Hasil pengujian dan analisis menunjukkan bahwa Algoritma Decision Tree C4.5 akurat diterapkan untuk prediksi nilai akhir siswa sekolah menengah dengan tingkat akurasi 60%.

Unduhan

Diterbitkan

15 Sep 2017

Cara Mengutip

Pambudi, R. H., Setiawan, B. D., & Indriati, I. (2017). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Nilai Kelulusan Siswa Sekolah Menengah Berdasarkan Faktor Eksternal. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(7), 2637–2643. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1660

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...