Analisis dan Perancangan Sistem Manajemen Prospek Pelanggan Dengan Model Sales Pipeline pada PT. Supratama Prima Nusantara (Biznet Networks) Branch Malang
Kata Kunci:
analisis dan perancangan sistem informasi (apsi), manajemen hubungan pelanggan (mhp), sales pipeline.Abstrak
Agar unggul dalam bersaing dan mendapatkan banyak pelanggan, perusahaan harus memperhatikan banyak faktor. Salah satunya, dalam usaha meningkatkan volume penjualan perusahaan hendaknya mengacu pada berbagai faktor yang berhubungan erat dengan sales yang merupakan ujung tombak perusahaan dalam pemasaran dan penjualan produk. Maka menjadi pertimbangan jika perusahaan ingin memenangkan banyak deal dengan prospek dan mencapai target penjualan serta mendukung aktifitas pemasaran dan penjualan yang berkaitan dengan sales melalui sebuah aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yakni Sistem Manajemen Prospek Pelanggan yang mampu menyajikan data pelanggan dan tahap penjualan sehingga tahu apakah prospek tersebut memenuhi syarat untuk menjadi seorang pelanggan atau tidak dengan menggunakan model Sales Pipeline. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan proses bisnis, menganalisis spesifikasi persyaratan, melakukan perancangan sistem, dan melakukan evaluasi terhadap spesifikasi persyaratan dan rancangan sistem. Analisis dan perancangan yang dilakukan menggunakan pendekatan berorientasi objek. Hasil evaluasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa alur yang dilakukan oleh dua responden setelah melakukan pengujian skenario use case sudah sesuai dengan alur yang telah dispesifikasikan. Kemudian hasil evaluasi traceability menunjukkan bahwa setiap persyaratan memiliki kode unik yang dapat dilacak ke dalam fitur, kebutuhan dan model diagram.