Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan Metode WebQual 4.0
Kata Kunci:
kualitas layanan, kepuasan pengguna, WebQual 4.0, regresi linear bergandaAbstrak
E-Government dirancang sebagai tempat terjadinya interaksi antara pemerintah dengan masyarakat sehingga masyarakat menjadi bagian penting di dalam berfungsinya E-Government. Kepuasan masyarakat terhadap website KPU (Komisi Pemilihan Umum) Jatim merupakan hal penting demi terwujudnya E-Government yang baik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website terhadap User Satisfaction menggunakan metode teknik analisis regresi linear berganda dan WebQual 4.0 yang terdiri dari Usability, Information Quality, dan Service Interaction Quality. Dari 3570 populasi, didapatkan 97 sampel minimal berdasarkan perhitungan rumus Slovin kemudian didapatkan 105 sampel responden dengan menggunakan kuesioner yang telah lolos uji Validitas dan Reliabilitasnya. Berdasarkan hasil dari penelitian didapatkan Usability, Information Quality, dan Service Interaction Quality berpengaruh secara simultan terhadap User Satisfaction. Dimensi Information Quality dan Service Interaction Quality secara parsial berpengaruh terhadap User Satisfaction. Sedangkan Usability merupakan satu-satunya faktor yang tidak berpengaruh terhadap User Satisfaction.