Evaluasi User Experience pada Game Left 4 Dead 2 Menggunakan Cognitive Walkthrough
Kata Kunci:
cognitive walkthrough, left 4 dead 2, user experienceAbstrak
Setiap produk memiliki aspek user experience. Yaitu sebuah ilmu untuk membuat sebuah produk nyaman dipakai pengguna. Agar terjadi interaksi yang optimal antara pengguna dan produk. Untuk mengetahui secara konkrit user experience tersebut, diperlukan sebuah perhitungan matematis. Cognitive walkthrough merupakan salah satu metode evaluasi analitis. Metode ini akan mengevaluasi langkah per langkah dalam sebuah produk, untuk menemukan permasalahan yang membuat pengguna tidak nyaman. Metode ini sangat murah, cepat, dan efisien sehingga sangat cocok untuk diterapkan kepada para pengguna baru. Game Left 4 Dead 2 sebagai salah satu game yang mendapatkan penghargaan IGN's Best Multiplayer Game pada tahun 2009, cocok sebagai objek evaluasi menggunakan metode Cognitive Walkthrough. Hasil evaluasinya menunjukkan bahwa dalam game Left 4 Dead 2 muncul rata-rata 7 kesalahan per responden, dengan jenis kesalahan bersifat User (U) dan Hidden (H).