Analisis Pengalaman Pengguna Dengan Menggunakan Mixed-Methods Approach Studi Pada Website Coppamagz

Analisis Pengalaman Pengguna Dengan Menggunakan Mixed-Methods Approach Studi Pada Website Coppamagz

Penulis

  • Arsy Baiq Shazkya Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Mixed-Methods Approach, Pengalaman pengguna, User Engagement Scale (UES), Cognitive Absoprtion Scale (CAS), System Usability Scale (SUS)

Abstrak

Perkembangan portal berita saat ini sangat bervariasi, mulai dari berita tentang olahraga, pendidikan, pariwisata hingga portal berita yang menyediakan berita tentang hiburan yang ada di Korea Selatan, contohnya web Coppamagz. Pada penelitian ini dilakukan eksperimen pengalaman pengguna pada penggemar K-pop dengan menggunakan Mixed-Method Approach orang peserta eksperimen yang sedang berselancar di web Coppamagz dengan menggunakan Morae Software, kemudian para peserta eksperimen mengisi kuesioner User Engagement Scale (UES), Cognitive Absoprtion Scale (CAS), System Usability Scale (SUS) dan diwawancarai. Analisis dilakukan dengan menggunakan persebaran standar deviasi. Hasilnya adalah UES menunjukkan pendapat para peserta eksperimen yang sependapat (tidak ada perbedaan yang signifikan) ketika memilih jawaban dari pernyataan kuesioner UES. Sedangkan untuk hasil analisis kuesioner CAS menunjukkan suara para peserta eksperimen yang berbeda (ada perbedaan yang signifikan) ketika memilih jawaban dari pernyataan kuesioner CAS. Untuk System Usability Scale (SUS) mendapatkan skor SUS sebesar 73 berarti antarmuka web Coppamagz termasuk dalam kategori Acceptable.

Unduhan

Diterbitkan

18 Jan 2018

Cara Mengutip

Shazkya, A. B., Rokhmawati, R. I., & Rachmadi, A. (2018). Analisis Pengalaman Pengguna Dengan Menggunakan Mixed-Methods Approach Studi Pada Website Coppamagz. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 3000–3005. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2103

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...