Analisis dan Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) pada UB Guest House
Kata Kunci:
Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Business Process Improvement (BPI), Business Process Modeling and Notation (BPMN), Proses BisnisAbstrak
UB Guest House merupakan salah satu unit usaha Universitas Brawijaya yang berada di bawah tanggung jawab Rektorat Universitas Brawijaya. Dalam proses bisnis yang dijalankan, terdapat beberapa potensi permasalahan yang dapat mengganggu untuk mencapai visi dan misi UB Guest House. Pelayanan yang tidak maksimal, sistem yang tidak terintegrasi, aktivitas yang berbelit dan memerlukan waktu lama serta administrasi dan pengarsipan yang kurang baik, hal tersebut merupakan permasalahan yang ditemukan pada proses bisnis yang berjalan di UB Guest House. Diperlukan analisis dan evaluasi untuk mengatasi permasalahan tersebut serta dilakukan perbaikan proses bisnis. Penelitian ini menggunakan diagram Business Process Modeling and Notation (BPMN) dan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk menganalisis dan evaluasi proses bisnis serta metode Business Process Improvement (BPI) untuk melakukan perbaikan serta meningkatkan proses bisnis pada UB Guest House. Dari hasil simulasi yang dilakukan pada proses bisnis saat ini (as is) dan proses bisnis rekomendasi (to be) pada pemesanan dan check-in kamar & ruangan serta check-out kamar dan ruangan ditemukan bahwa peningkatan pada time analysis mencapai 30.15%.