Pengembangan Game Edukasi Penyeberangan Jalan (Pelan) Menggunakan Kinect Sebagai Pengendali Permainan (Studi Kasus Di TK RAM NU 10 Banin-Banat Gresik)

Pengembangan Game Edukasi Penyeberangan Jalan (Pelan) Menggunakan Kinect Sebagai Pengendali Permainan (Studi Kasus Di TK RAM NU 10 Banin-Banat Gresik)

Penulis

  • Indi Rachmah Winona Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Muhammad Aminul Akbar Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Game Edukasi, Penyeberangan Jalan, Anak Usia Dini, Kinect, Fun Testing

Abstrak

Seringkali orang menyeberangi jalan yang tidak sesuai dengan tempatnya, berbagai cara mereka lakukan agar sampai di tempat tujuan dengan cepat, baik pengendara maupun pejalan kaki tidak memiliki kesadaran akan keselamatan dalam berlalu lintas. Selain memicu terjadinya kecelakaan di jalan raya, juga dapat menyebabkan hilangnya nyawa. Terutama bagi orang tua yang lalai menjaga buah hatinya dan membiarkan bermain sesukanya tanpa pengawasan, sehingga tanpa disadari bahaya dapat mengancam keselamatan anaknya. Pada penelitian ini, dilakukan pengembangan game edukasi penyeberangan jalan dengan cara yang berbeda dan menyenangkan melalui penerapan teknologi game dengan memanfaatkan interaksi natural atau disebut dengan NUI (Natural User Interface) yakni teknologi Kinect, di mana hal ini menjadi kelebihan bagi anak usia dini yaitu mempermudah anak dalam memainkan game dengan gerakan alamiah tanpa harus menyentuh atau menggunakan controller game. Hasil pengujian fun testing yang diperoleh dari pengisisan kuesioner oleh penguji dan dihitung melalui perhitungan interpretasi indeks skala Likert didapatkan hasil yakni keseluruhan game yang disajikan adalah 76%, tampilan game adalah 100%, unsur fun dalam game adalah 84%, dan tingkat kesulitan game adalah 72%.

Unduhan

Diterbitkan

04 Feb 2018

Cara Mengutip

Winona, I. R., Akbar, M. A., & Afirianto, T. (2018). Pengembangan Game Edukasi Penyeberangan Jalan (Pelan) Menggunakan Kinect Sebagai Pengendali Permainan (Studi Kasus Di TK RAM NU 10 Banin-Banat Gresik). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 3272–3277. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2230

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...