Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-Commerce (Studi pada klikindomaret.com dan alfacart.com)

Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-Commerce (Studi pada klikindomaret.com dan alfacart.com)

Penulis

  • Wilda Kusnawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

analisis, pengalaman pengguna, website, e-commerce, UEQ

Abstrak

Penggunaan e-commerce di Indonesia menjadi salah satu bukti perkembangan bisnis di Indonesia yang mulai berpindah menjadi online. Banyaknya penggunaan e-commerce ini membuat dua perusahaan yang bergerak di bidang minimarket yaitu indomaret dan alfamart mulai membuat website mereka. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan dua e-commerce yang memiliki karakteristik dan proses bisnis yang sama dalam memudahkan pengguna dari sisi kegunaan juga pengalaman pengguna dengan menggunakan media website klikindomaret dan alfacart. Terdapat 2 metode analisis yang digunakan dalam analisis pengalaman pengguna kedua website ini, yaitu analisis secara subjektif dengan menyebarkan kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ) yang memiliki 6 aspek yaitu: attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty kepada 20 responden dan analisis secara objektif dengan cara menguji responden secara langsung dalam penggunaan website meggunakan skenario dengan parameter task success rate, time per completed task, number of clicks during task competion dan error during task performance kepada 6 responden. Responden merupakan mahasiswa dengan rentang usia 18-24 tahun yang belum pernah mengoperasikan kedua website ini. Hasil menunjukkan jika pada penelitian subjektif responden memberikan impresi yang cenderung positif dengan nilai rata-rata yang mencapai level positif (good). Untuk penelitian objektif menunjukkan nilai keberhasilan yang cukup tinggi dari responden meskipun mereka baru pertama kali mengoperasikan website tersebut.

Unduhan

Diterbitkan

04 Feb 2018

Cara Mengutip

Kusnawati, W., Rokhmawati, R. I., & Rachmadi, A. (2018). Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-Commerce (Studi pada klikindomaret.com dan alfacart.com). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 3287–3292. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2244

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...