Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Pada Transportasi Online (Go-Jek Indonesia)

Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Pada Transportasi Online (Go-Jek Indonesia)

Penulis

  • Ahmad Syaifulloh Imron Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Niken Hendrakusma Wardani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

loyalitas konsumen, frekuensi memperbaharui konten, konten yang populer, konten yang relevan, kampanye yang menguntungkan

Abstrak

Persaingan antar penyedia jasa transportasi online di era kini semakin ketat. Pemanfaatan sosial media dapat menjadi salah satu strategi bisa digunakan oleh perusahaan. PT. Gojek Indonesia merupakan penyedia jasa transportasi online yang aktif melakukan customer relationship management melalui social media marketing untuk memperoleh loyalitas konsumen. Terdapat pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen ketika perusahaan melakukan kampanye yang menguntungkan, konten yang relevan, konten yang populer, frekuensi memperbaharui konten, berbagai platform dan aplikasi pada social media. Penelitian ini melakukan pengujian terkait hubungan antara social media marketing dengan loyalitas konsumen menggunakan analisis regresi linier berganda. Responden dari penelitian ini adalah pengguna PT. Gojek Indonesia yang mengikuti akun resmi Instagram PT. Gojek Indonesia. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari uji t membuktikan kampanye yang menguntungkan dengan nilai t hitung 4,073 dan frekuensi memperbaharui konten dengan nilai t hitung 5,092 memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan konten yang relevan nilai t hitung -2,013 dan konten yang populer nilai t hitung 0,967 tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Dan hasil uji f dengan nilai f hitung 28,400 membuktikan variabel independent berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen.

Unduhan

Diterbitkan

09 Feb 2018

Cara Mengutip

Imron, A. S., Wardani, N. H., & Rokhmawati, R. I. (2018). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Pada Transportasi Online (Go-Jek Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2570–2578. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2358

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...