Evaluasi Usability Pada Aplikasi Uber Menggunakan Pengujian Usability

Evaluasi Usability Pada Aplikasi Uber Menggunakan Pengujian Usability

Penulis

  • Muhammad Yosa Alfiqie Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Niken Hendrakusma Wardani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

aplikasi mobile, UBER, usability, pengujian usability

Abstrak

UBER adalah salah satu jenis aplikasi yang menyediakan layanan transportasi berbasis online di Indonesia. Jumlah pengguna UBER terus bertambah saat ini yang ditandai dengan total unduhan mencapai 100 juta kali. Akan tetapi, masih terdapat beberapa keluhan terhadap aplikasi UBER yang mengatakan bahwa GPS masih tidak sesuai dengan lokasi pengguna, lalu pengguna yang kesulitan memilih metode pembayaran, dan terdapat pengguna yang sudah membayar namun tidak tercatat pada aplikasi. Dari beberapa umpan balik tersebut maka diperlukan identifikasi lebih jauh mengenai permasalahan usability yang terdapat pada aplikasi UBER, serta pengukuran sejauh mana tingkat usability yang terdiri dari tingkat kemudahan, tingkat kecepatan, tingkat kesalahan, dan tingkat kepuasan. Penelitian ini memberikan hasil evaluasi untuk mengetahui sejauh mana tingkat usability dengan menggunakan metode pengujian usability. Hasil yang didapatkan setelah dilakukan evaluasi menunjukkan permasalahan usability yang terdapat pada aplikasi UBER antara lain seperti peta pada aplikasi yang kurang akurat, peserta merasa bingung dengan tampilan awal aplikasi yang langsung menampilkan peta, peserta merasa kebingungan saat harus menemukan pengemudi yang dimaksud, dan terdapat kebingungan karena aplikasi menggunakan bahasa Inggris. Hasil dari perhitungan tingkat usability yang terdiri dari tingkat kemudahan pengguna dalam menyelesaikan tugas adalah 100% yang berarti seluruh peserta berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan, tingkat kecepatan yang dibutuhkan pengguna dalam mencari informasi yang diperlukan adalah sebesar 0,0116 goals/sec, tingkat kesalahan yang dilakukan oleh peserta sebesar 0,13 dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 40%-50%.

Unduhan

Diterbitkan

09 Feb 2018

Cara Mengutip

Alfiqie, M. Y., Aknuranda, I., & Wardani, N. H. (2018). Evaluasi Usability Pada Aplikasi Uber Menggunakan Pengujian Usability. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2599–2606. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2367

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...