Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Pengguna Dalam Transaksi Online Pada Shopee

Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Pengguna Dalam Transaksi Online Pada Shopee

Penulis

  • Cherly Diansacharina Tri Wahyuningsuara Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Niken Hendrakusma Wardani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Penerimaan pengguna, Shopee, PLS-SEM, Actual Transaction, Intention to Transact, Perceived Risk, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust, Satisfaction with Past online Transaction.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna dalam transaksi online terhadap Shopee. Kriteria responden untuk pengisian kuesioner pengguna yang pernah melakukan transaksi terhadap Shopee salama enam bulan terakhir. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik quota sampling. Model yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model dari Paul Pavlou A. yaitu Actual Transaction, Intention to Transact, Perceived Risk, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust, dan Satisfaction with Past Online Transaction. Penelitian dimulai dengan mengevaluasi model yaitu outer model (Measurement Model) dan inner model (Structural Model) untuk mengetahui kualitas data dan pengaruh signifikan terhadap antar konstrak yang telah dihipotesiskan. Pengujian model dalam penelitian ini menggunakan PLS-SEM. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hubungan setiap faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna ketika transaksi terhadap Shopee Intention to Transact berpengaruh terhadap Actual Transaction, Trust tidak berpengaruh terhadap Intention to Transact, Perceived Usefulness berpengaruh terhadap Intention to Transact, Perceived Ease of Use tidak berpengaruh terhadap Intention to Transact, Perceived Ease of Use berpengaruh terhadap Perceived Usefulness, Perceived Risk tidak berpengaruh terhadap Intention to Transact, Trust berpengaruh terhadap Perceived Usefulness, Trust berpengaruh terhadap Perceived Ease of Use, Trust berpengaruh terhadap Perceived Risk, dan Satisfaction with Past Online Transaction berpengaruh terhadap Trust.

Unduhan

Diterbitkan

09 Feb 2018

Cara Mengutip

Wahyuningsuara, C. D. T., Rokhmawati, R. I., & Wardani, N. H. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penerimaan Pengguna Dalam Transaksi Online Pada Shopee. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2607–2614. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2368

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...