Scoring System Otomatis Pada Lomba Menembak Dengan Target Sillhouette Hewan Menggunakan Logika Fuzzy

Scoring System Otomatis Pada Lomba Menembak Dengan Target Sillhouette Hewan Menggunakan Logika Fuzzy

Penulis

  • Handoko Ramadhan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Rizal Maulana Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Mochammad Hannats Hanafi Ichsan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Skoring otomatis, logika fuzzy, Sillhouette Hewan

Abstrak

Perlombaan menembak merupakan salah satu olahraga untuk melatih konsentrasi. Pada perlombaan menembak dengan target sillhouette yang berbentuk hewan, penggunaan alat Penghitung Skor Otomatis (PSO) masih jarang digunakan. Pada penelitian ini akan membuat  penghitung skor otomatis pada perlombaan menembak dengan target sillhouette hewan menggunakan logika fuzzy dalam menentukan jenis target sillhouette dan nilai skor yang dikeluarkan pada sistem. Logika fuzzy digunakan pada proses klasifikasi jenis sillhouette untuk mempengaruhi skor pada perlombaan. Prototype ini dibangun menggunakan beberapa modul yaitu Load Cell, Sensor Getar, Limit Switch, Modul HX711, dan menggunakan Arduino UNO serta Arduino Mega 2560 sebagai pemrosesnya. Berdasarkan hasil uji coba menembak dengan sillhouette berbentuk hewan, dibandingkan dengan cara manual  yang dilakukkan oleh petugas, sistem skoring ini memberikan hasil yang baik. Tingkat akurasi sistem ini sebesar 94.97% pada akurasi data sensornya. Sistem juga dapat mengklasifikasi jenis sillhouette menggunakan logika fuzzy dengan tingkat akurasi sebesar 100%.

Unduhan

Diterbitkan

09 Feb 2018

Cara Mengutip

Ramadhan, H., Maulana, R., & Ichsan, M. H. H. (2018). Scoring System Otomatis Pada Lomba Menembak Dengan Target Sillhouette Hewan Menggunakan Logika Fuzzy. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2625–2634. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2375

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...