Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Pelanggan Dalam Melakukan Transaksi Online Pada E-Commerce XYZ
Kata Kunci:
e-commerce, kepercayaan, kepuasan, loyalitas, regresi linearAbstrak
Salah satu keuntungan dalam penggunaan internet adalah adanya bisnis yang dapat dilakukan secara online. E-commerce XYZ merupakan salah satu e-commerce di Indonesia yang baru berkembang. Tantangan sebagai e-commerce pendatang baru adalah membangun kepercayaan pelanggan. Banyaknya masalah yang berkaitan dengan e-commerce menjadikan sebuah bisnis online harus mengetahui tingkat kepercayaan dan kepuasan pelanggannya sehingga menjadikan pelanggan loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara kepercayaan, kepuasan, dan loyalitas pelanggan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebar secara online. Jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 120 responden. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan dipengaruhi oleh reputasi yang baik, kualitas antarmuka pengguna, kualitas informasi, keamanan, dan privasi. Namun, besar ukuran dari sebuah perusahaan terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap kepercayaan pelanggan. Kepercayaan pelanggan juga dibuktikan memengaruhi kepuasan pelanggan. Selain itu, penelitian ini membuktikan bahwa loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kepercayaan dan kepuasan pelanggan meskipun tidak memberikan pengaruh secara kuat.