Pengembangan Business Process Improvement Sistem Pelayanan Kesehatan Lingkungan Dan Klinik Menggunakan Zachman Framework (Studi Pada UPT. Laboratorium Dinas Kesehatan Kota Malang)
Kata Kunci:
Proses bisnis, Zachman Framework, Business Process Improvement, LaboratoriumAbstrak
Laboratorium Dinas Kesehatan adalah Unit Pelaksana Teknis dibidang kesehatan yang berada dibawah naungan dan tanggung jawab dinas kesehatan kota Malang. Laboratorium dinas kesehatan memiliki tugas dan fungsi untuk memberikan pelayanan pengujian kesehatan. Dalam menjalankan proses bisnisnya terdapat beberapa permasalahan yang berpotensi untuk menggangu jalannya aktifitas bisnis, salah satu permasalahan adalah waktu berjalannya proses yang terlalu lama dan kurang efektif. Proses yang tidak optimal pada laboratorium kesehatan antara lain penyimpanan data tidak terintegrasi atau terpisah-pisah yang dapat menyebabkan duplikasi data dan kehilangan data akibat human error. Sehingga perlu untuk menganalisis proses bisnis yang telah diterapkan, kemudian dilakukan evaluasi untuk menentukan proses bisnis yang berpotensi untuk mengganggu jalannya aktifitas organisasi agar dapat memberikan saran berupa rekomendasi perbaikan proses bisnis dan perancangan sebuah sistem. Penelitian ini menggunakan Business Process Improvement (BPI) sebagai metode evaluasi, dan perancangan sistem menggunakan Zachman Framework. Penelitian ini menggunakan 3 perspektif dari 6 perspektif yang ada pada Zachman Framework, dan menggunakan 3 fase pertama dari Business Process Improvement. Pengujian dilakukan setelah perancangan dan evaluasi proses bisnis. Pengujian menggunakan simulasi bizagi dan pengujian sistem menggunakan blackbox. Penelitian ini menghasilkan proses bisnis usulan serta perancangan sistem.