Evaluasi Usability pada Aplikasi Grab dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability
Kata Kunci:
usability, pengujian usability, aplikasi GrabAbstrak
Grab merupakan aplikasi penyedia transportasi yang menawarkan beberapa layanan. Layanan tersebut yaitu layanan transportasi, layanan kurir, dan layanan antar makanan. Aplikasi Grab telah berkembang pesat dengan melihat aplikasi Grab yang telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali. Namun, pengguna merasa bahwa aplikasi Grab masih memiliki kekurangan, diantaranya akurasi dari peta ketika menentukan lokasi masih kurang dan lokasi tujuan yang dimasukkan pengguna tidak terdeteksi oleh aplikasi. Dari umpan balik yang diberikan oleh pengguna, aplikasi Grab masih memiliki beberapa permasalahan yang terjadi. Oleh karena itu, aplikasi Grab membutuhkan penggalian masalah dan pengukuran tingkat usability. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengujian usability yang digunakan untuk menggali permasalahan pada aplikasi Grab dan untuk mengukur tingkat usability dari aplikasi Grab dengan menggunakan skenario tugas dan kuesioner. Pengujian dilakukan pada 5 responden dari pengguna baru aplikasi Grab dan pengisian kuesioner dilakukan oleh 100 responden pengguna aktif dari aplikasi Grab. Hasil dari evaluasi menunjukkan permasalahan dan tingkat usability dari aplikasi Grab. Permasalahan pada aplikasi Grab adalah peserta kesulitan ketika akan melakukan pembayaran, peserta mengalami kesulitan mencari alamat rumah atau lokasi keberadaan peserta pada kolom “pick-upâ€, dan peserta kebingungan ketika lokasi keberadaan peserta tidak sesuai dengan peta. Hasil tingkat usability diantaranya pada tingkat kemudahan pengguna sebesar 100%, tingkat kecepatan pengguna 0,013 goals/sec, tingkat kesalahan pengguna 0,13, dan tingkat kepuasan pengguna sebesar 40%-50% pada aplikasi Grab.