Analisis Keterkaitan Tingkat Kepercayaan Pengguna Dalam Melakukan Transaksi Online (E-Commerce) Pada Instagram
Kata Kunci:
E-commerce, Instagram, Trust, Regresi Linier BergandaAbstrak
Pertumbuhan pengguna internetlyanglsangatlsignifikanlmembuatlbanyaklhallbarulmuncul, lsalah satunyaladalahltransaksilperdaganganlbarangldanljasalmelaluilinternet. Instagram dapat memberikan manfaat, keuntungan dalam hal berbisnis sebagai media promosi dan penjualan. Indonesia menempati posisi puncak tertinggi sebagai negara yang pengguna internetnya menjadi korban kejahatan Cyber yang rentan menjadi korban kejahatan online. Penelitian ini mengembangkan kerangka teori yang menjelaskan faktorlapalsajalyanglmempengaruhiltingkatlkepercayaanldalamlmelakukanltransaksi onlinelmelaluilakunlonlinelshoplyanglterdapatlpadalinstagram. Sampellyang didapatkan sebanyak 120 responden. Kemudianlanalisisldatalpadalpenelitianlinilmenggunakanlregresillinierlberganda. lHasil penelitian inilmenunjukkanlbahwa tingkat kepercayaan pada saat melakukan transaksi online dipengaruhi oleh banyaknya manfaat yang dirasakan pengguna didalam memenuhi kebutuhan maupun perkembangan untuk mengikuti atau menyesuaikan produk yang terkini, memudahkan pembeli pada saat melakukan transaksi dan Pengguna merasa aman pada saat memberikan informasi pribadi saat melakukan transaksi.