Analisis Sentimen Review Barang Berbahasa Indonesia Dengan Metode Support Vector Machine Dan Query Expansion
Kata Kunci:
SVM, Query Expansion, Analisis Sentimen, KomentarAbstrak
Berbelanja secara online sekarang merupakan kegiatan umum yang terjadi pada masyarakat. Berkembangnya jaman membuat seseorang memilih untuk belanja secara online daripada harus melakukan perjalanan ke toko untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Sebuah review barang yang terdapat pada setiap barang di sebuah toko online dapat berguna untuk melihat bagaimana umpan balik pembeli sebelumnya melalui sebuah komentar. Komentar yang diberikan terdiri dari komentar positif atau komentar negatif. Untuk mengatasi masalah tersebut maka digunakan metode analisis sentimen komentar pada review barang berbahasa Indonesia menggunakan metode Support Vector Machine dan Query Expansion. Dalam penelitian ini menggunakan 400 data komentar yang terbagi menjadi dua yaitu positif dan negatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode Support Vector Machine kernel Polynomial berderajat dua dengan Query Expansion. Query Expansion digunakan untuk memperluas kata pada data uji yang memiliki sinonim yang tidak terdapat pada data latih. Hasil pengujian akhir menghasilkan rata-rata akurasi sebesar 96,25% dengan parameter nilai learning rate = 0,001, nilai lambda = 0,1, nilai complexity = 0,01 dan iterasi maksimal adalah 50. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh akurasi metode Support Vector Machine dan Query Expansion sebesar 96,25% dan akurasi menggunakan metode Support Vector Machine tanpa Query Expansion sebesar 94,75%.