Analisis Kualitas Layanan Website Althea Indonesia Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Menggunakan E-S-Qual dan E-RecS-Qual

Analisis Kualitas Layanan Website Althea Indonesia Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Menggunakan E-S-Qual dan E-RecS-Qual

Penulis

  • Fildzah Zatayumni Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Aditya Rachmadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Website Althea Indonesia, E-S-Qual, E-RecS-Qual, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstrak

Website Althea Indonesia merupakan e-commerce produk-produk kecantikan Korea yang menawarkan layanan-layanan yang menggiurkan kepada pelanggan. Dari beberapa layanan yang ditawarkan ada beberapa keluhan yang diterima oleh pelanggan. Keluhan tersebut memiliki arti bahwa terdapat kualitas layanan dari website Althea Indonesia yang belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas layanan website Althea Indonesia yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Althea Indonesia dan juga menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Althea Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner online sebanyak 110 respoden pelanggan Althea Indonesia dengan rentang usia 18-44 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan model E-S-Qual dan E-RecS-Qual serta metode analisis regresi linier berganda untuk mengetahui kualitas layanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan metode analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui kepuasan pelanggan yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-S-Qual dan E-RecS-Qual memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan juga kepuasan pelanggan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Unduhan

Diterbitkan

12 Feb 2018

Cara Mengutip

Zatayumni, F., Rachmadi, A., & Herlambang, A. D. (2018). Analisis Kualitas Layanan Website Althea Indonesia Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Menggunakan E-S-Qual dan E-RecS-Qual. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2937–2947. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2482

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...