Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepercayaan Dan Resiko Pengguna Dalam Bertransaksi Pada E-Commerce XYZ Menggunakan UTAUT (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology)
Kata Kunci:
E-Commerce, Consumer trust, Perceived risk, Regresi linier berganda, UTAUT (Unified Theory Acceptance and Use of Technology).Abstrak
E-Commerce sudah semakin populer di Indonesia karena sudah semakin banyaknya situs jual beli online yang meramaikan industri bisnis digital ini. Salah satu situs E-Commerce terkemuka di Indonesia yaitu E-Commerce XYZ.co.id yang menawarkan berbagai macam produk dan layanan, mulai dari perangkat elektronik, produk kecantikan, produk rumah tangga dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengguna untuk bertransaksi pada E-Commerce XYZ. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model UTAUT (Unified Theory Acceptance and Use of Technology) dan menambahkan faktor kepercayaan, dan resiko ke dalam penelitian ini. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah consumer trust, perceived risk, performance expectancy, social influence, effort expectancy, facilitating conditions, dan behavioral intention. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil yaitu hanya faktor consumer trust dan social influence memiliki pengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention secara parsial. Sedangkan secara keseluruhan seluruh faktor secara simultan berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention.