Identifikasi Gangguan Kepribadian Dramatis Menggunakan Metode Learning Vector Quantization (LVQ)

Identifikasi Gangguan Kepribadian Dramatis Menggunakan Metode Learning Vector Quantization (LVQ)

Penulis

  • M Kevin Pahlevi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Budi Darma Setiawan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Tri Afirianto Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

gangguan kepribadian, klasifikasi, learning vector quantization

Abstrak

Gangguan kepribadian salah satu masalah kesehatan yang dialami dan dirasakan oleh masyarakat. Kelompok B atau yang disebut dramatis lebih sering terjadi dikarenakan tingkat bunuh diri yang masih meningkat, akses media sosial yang tinggi, masih terjadi tawuran dan kasus bully dimana-mana, lalu banyak fenomena tentang orang yang ingin mencuri perhatian dengan tampilan fisik atau gaya bahasa yang tidak biasa, hal ini dapat meningkatkan resiko masyarakat terkena gangguan kepribadian khususnya kelompok dramatis. Penelitian ini mencoba mengidentifikasi gangguan kepribadian dramatis. Gangguan kepribadian dramatis ini dibagi kedalam 4 kelas. Metode yang digunakan adalah Learning Vector Quantization. Data didapatkan dari kuisioner dengan menggunakan 32 parameter dan berhasil mendapatkan data sebanyak 90 data. Peneilitan ini melakukan 4 skenario pengujian yang menghasilkan nilai learning rate 0,2, pengali learning rate 0,4, minimum learning rate 0,001 dan data latih sebesar 60. Hasil akurasi yang didapatkan sebesar 70%.

Unduhan

Diterbitkan

12 Feb 2018

Cara Mengutip

Pahlevi, M. K., Setiawan, B. D., & Afirianto, T. (2018). Identifikasi Gangguan Kepribadian Dramatis Menggunakan Metode Learning Vector Quantization (LVQ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 3103–3111. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2548

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...