Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Di Indonesia Dengan Menggunakan UX Honeycomb

Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Di Indonesia Dengan Menggunakan UX Honeycomb

Penulis

  • Salma Mutiasanti Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Mahardeka Tri Ananta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

user experience, UX honeycomb, e-commerce, mobile

Abstrak

Aplikasi e-commerce adalah sebuah aplikasi mobile yang memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhannya tanpa harus membeli secara fisik di toko. Beberapa isu pada aplikasi e-commerce yang menarik peneliti untuk melakukan studi mengenai user experience adalah mengenai isu keamanan transaksi, navigasi aplikasi, dan kecocokan konten atau gambar dengan representasi produk asli yang dijual. Pada penelitian ini telah dipelajari user experience dari aplikasi e-commerce yang banyak digunakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja values yang ditawarkan oleh stakeholder. Konsep yang digunakan untuk evaluasi adalah ux honeycomb, yang terdiri dari tujuh aspek: accessible, credible, desireable, findable, usable, useful, dan valuable. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menganalisis proposed value yang diobservasi dari visi, misi, slogan, web official dan iklan pada sebuah e-commerce. Berdasarkan hasil analisis proposed value dilaporkan bahwa aplikasi Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Zalora dan Matahari Mall memiliki keseluruhan values yang ada pada ux honeycomb.

Unduhan

Diterbitkan

13 Feb 2018

Cara Mengutip

Mutiasanti, S., Ananta, M. T., & Az-Zahra, H. M. (2018). Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Di Indonesia Dengan Menggunakan UX Honeycomb. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), 3601–3608. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2684

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...